Prosiding SENMASTER 2022

Authors

  • Dr. Jaka Warsihna Universitas Terbuka
  • Dra. Tetty Rachmi, M.Hum. Universitas Terbuka
  • Dr. Trini Prastati, M.Pd. Universitas Terbuka
  • Dr. Heriani, S.IP., M.A Universitas Terbuka

Abstract

Assalammu’alaikum wrwb

Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa yang terus mencurahkan rahmat dan karunia-Nya kepada kita semua, berkat izin-Nya Seminar Nasional dan Gelar Hasil Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Terbuka 2022 (SENMASTER 2022) dengan tema “Optimalisasi Pemberdayaan Masyarakat untuk Membangun Indonesia Tangguh”, dapat berhasil diselenggarakan dengan baik dan lancar, tanpa ada kendala yang berarti. Keberhasilan ini dikarenakan dukungan dari Pimpinan Universitas Terbuka, dosen, seluruh Panitia dan pegawai UT,  serta para Ketua LPPM se wilayah Tangerang Selatan.

Tema tersebut diusung  sebagai sinergitas UT dengan kebijakan Pemerintah dalam membangun SDM Unggul. Di sisi lain Program Pengabdian kepada Masyarakat mengoptimalkan pemberdayaan masyarakat untuk menciptakan desa unggul yang terbina, yang memiliki masyarakat cerdas, sehat, dan sejahtera.

Pada saat ini banyak Dosen yang sudah  menghasilkan penelitian dan bahkan sudah pula  mengimplementasikan hasil penelitiannya di  masyarakat, namun masih banyak yang belum didiseminasikan atau  dipublikasikan secara luas, sehingga tidak dapat diakses oleh masyarakat yang membutuhkan. Atas dasar tersebut, SENMASTER 2022 ini menjadi salah satu ajang bagi para akademisi nasional untuk mempresentasikan hasil-hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukannya, sekaligus bertukar informasi dan memperdalam masalah pengabdian kepada masyarakat, serta mengembangkan kerjasama yang berkelanjutan.

SENMASTER 2022  menghadirkan antara lain pembicara kunci Prof. Dr.(H.C.) Dahlan Iskan (Menteri BUMN Kabinet Kerja 2011-2014) dan Dr. M. Hanif Dhakiri, S.Ag, M.Si. (Menteri Ketenagakerjaan Kabinet Kerja 2014-2019), pembicara panel Prof. Dr. M. Baiquni, M.A.(Guru Besar Universitas Gajah Mada dan Aktvis Pembangunan Indonesia dari Pinggiran); Vera Nofita (aktivis Perempuan dan Pemberdayaan Masyarakat Pulo Kambing); Dr. Meirani Harsasi, S.E. M.Si.(Dekan Fakultas Ekonomi UT) dan dipresentasikan makalah dan gelar hasil secara offline dan virtual  hasil pengabdian kepada Masyarakat para dosen dari berbagai bidang ilmu dari seluruh Indonesia sebagai Penyaji, dalam rangka memberikan pemikiran dan solusi untuk memperkuat peran perguruan tinggi dalam menyejahterakan masyarakat Indonesia.

Akhir kata, kami mengucapkan terima kasih kepada Pimpinan Universitas Terbuka, pemakalah, peserta, dan panitia, yang telah berupaya menyukseskan SENMASTER 2022. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa meridhoi semua usaha baik kita. Aamiin.

Terima kasih, Wassalam.

 

 

Panitia SENMASTER 2022,

 

PkM – LPPM

Published

2023-05-19