UPAYA PEMBENTUKAN TAMAN BACAAN INOVATIF DI MUSHOLA AL-IKHLAS RT 06, LUBANG BUAYA, CIPAYUNG, JAKARTA TIMUR

Authors

  • Jaka Warsihna Universitas Terbuka
  • Hanafi Universitas Terbuka
  • Faizal Madya Universitas Terbuka
  • Monika Handayani Universitas Terbuka
  • A.A. Ketut Budiastra Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.33830/prosidingsenmaster.v2i1.699

Keywords:

Taman Bacaan, Generasi Mudah, Mushalla Al-ikhlas

Abstract

Saat ini baik anak-anak, remaja, bahkan orang dewasa dalam aktivitas sehari-hari banyak berkaitan dengan media elektronik seperti handphone, televisi, dan internet. Kondisi ini mengakibatkan banyak anak yang lebih tertarik main game dari pada membaca buku. Hal ini disebabkan minimnya akses terhadap bahan bacaan/buku-buku, sehingga menyebabkan rendahnya minat baca. Hampir terjadi di manapun belum terdapat fasilitas taman bacaan atau perpustakaan yang bisa dengan mudah diakses oleh masyarakat khususnya generasi muda dan anak-anak. Salah satu solusinya perlu sebuah pengabdian masyarakat dalam pembentukan Taman Baca bagi masyarakat khususnya bagi anak-anak dan remaja. Desa Lubang Buaya, Cipayung Jakarta Timur yang menjadi tempat pengabdian ini, hampir setiap RT memiliki mushola. Mushola yang ada sebagai pusat kegiatan keagamaan dan kegiatan lainnya. Anak-anak yang kegiatan di mushola pada umumnya hanya mengaji. Jumlah yang mengaji setiap hari sekitar 20 anak. Dengan jumlah anak cukup banyak, akan lebih bermakna seandainya disediakan taman bacaan yang menyediakan bacaan-bacaan yang dapat memperkaya pengetahuan anak dan remaja, termasuk orang tua. Hasil temuan menunjukkan, setelah dibangun taman bacaan hasil dari pengabdian masyarakat Universitas Terbuka minat membaca di lingkungan mushola tersebut meningkat secara signifikan. Hal ini terlihat hampir setiap hari ada anak-anak, remaja, bahkan orang dewasa yang membaca buku yang disediakan oleh taman bacaan Musholla Al-ikhlas, di Lubang Buaya, Cipayung, Jakarta Timur. Bahkan jumlah koleksi bacaan terus bertambah bantuan dari masyarakat sekitar.

Published

2023-05-19