PRODUKSI MINUMAN SERBUK JAHE INSTAN DI ERA NEW NORMAL COVID 19

Authors

  • Mutimanda Dwisatyadini Universitas Terbuka
  • Soraya Habibi Universitas Terbuka
  • Prasetyarti Utami Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.33830/prosidingsenmaster.v2i1.722

Keywords:

Supplier Jahe Merah, Produksi Jahe Merah Instant, Pemasaran Online, Pengajuan Ijin Produksi Rumah Tangga.

Abstract

Pandemi Covid-19 tidak hanya memberikan dampak langsung dalam aspek kesehatan, melainkan aspek kehidupan lainnya, seperti aspek ekonomi dan sosial. Kebijakan pembatasan sosial dan karantina wilayah berpotensi membatasi masyarakat dalam melaksanakan aktivitas ekonomi, sehingga sirkulasi barang dan jasa menjadi terhambat. Perlambatan ekonomi selanjutnya menyebabkan peningkatan pengangguran khususnya pada sektor usaha mikro dan industri rumah tangga. Jahe adalah salah satu hasil rempah Indonesia yang memiliki banyak manfaat. Selama ini jahe yang diperjual belikan adalah jahe dalam keadaan utuh dan belum diolah sehingga perlu dilakukan inovasi untuk mengolah jahe menjadi produk olahan yang dapat dinikmati oleh banyak orang dan lebih praktis dalam mengkonsumsinya. Tanaman jahe dapat melihara kesehatan masyarakat secara alami. Sehingga diharapkan edukasi mengenai tanaman obat dapat memudahkan masyarakat untuk mengatasi masalah kesehatannya. Salah satunya yang telah dilakukan UMKM Jahe Instan oleh mahasiswa Prodi Biologi FST UT. UMKM Jahe Instan Pak Hari Rukun oleh mahasiswa Prodi Biologi FST UT termasuk memiliki potensi yang baik. Karena Yoga mahasiswa Prodi Biologi FST UT ini tinggal di Kota Malang. Daerah ini termasuk kategori dataran tinggi yang udaranya cenderung dingin, sehingga menjadikan jahe ini sangat digemari karena manfaatnya mampu memberikan rasa hangat pada tubuh. Selain itu merupakan pusat pengembangan tanaman herbal dan pengembangan wisata. Peningkatan pengetahuan masyarakat sangat penting dalam upaya peningkatan dalam menunjang keberhasilan upaya peningkatan daya tahan tubuh warga masyarakat Indonesia.

Tingginya permintaan akan jahe seduh siap saji selama masa pandemi yang tidak diiringi dengan jumlah suplai bahan baku jahe yang memadai menjadi tantangan tersendiri bagi UMKM Jahe Merah Instant. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat untuk mendampingi mitra mencari supplier jahe dengan harga kompetitif, memberikan alat produksi yang lebih cepat, dan peningkatan penjualan secara online. Metode yang kami gunakan adalah dengan pendampingan penuh dengan cara live-in di rumah mitra selama 31 hari dan pendampingan lanjutan untuk kepentingan konsultasi secara online selama empat bulan setelah live-in. Hasil dari kegiatan ini adalah didapatkannya supplier jahe merah dengan harga kompetitif, pembelian alat produksi yang mempercepat

proses produksi jahe instant, dan penerapan beberapa strategi untuk meningkatkan penjualan secara online. Setelah kegiatan pendampingan ini selesai, diharapkan dapat memberikan manfaat kepada mitra untuk secara terus-menerus melakukan terobosan dan inovasi dalam penjualan produk dalam keadaan apapun.

Hasil kegiatan mitra dapat menemukan supplier jahe dipertanian sekitar kota Malang dan di pasar tradisional di kota Malang. Mitra sudah membeli alat produksi yang jauh lebih praktis dan mempermudah proses produksi dengan waktu yang lebih cepat yakni 90 menit dibandingkan dengan cara produksi manual dengan waktu 3 jam untuk produksi. Kemasan untuk jahe instant juga lebih mengikuti trend packed terkini untuk sachet dan untuk pemasaran produk secara online sudah lebih meningkat, karena terdaftar di beberapa platform toko online, seperti tokopedia, lazada, dan sebagainya. Produksi jahe instant ini sudah proses mendapat ijin untuk pendaftaran ke dinas Kesehatan dalam bentuk legilitas PIRT. Dampaknya usaha mitra semangkin meningkat dan di percaya masyarakat baik di kota Malang, sekitar kota Malang sampai ke beberapa kota baik di pulau Jawa dan Sumatera. Varian rasa dari jahe merah instant yang di produksi mitra  terdapat 3 rasa yakni kopi jahe merah, susu jahe merah, jahe merah original.

Published

2023-05-19