PENGEMBANGAN USAHA TANI TANAMAN MAKADAMIA (MACADAMIA INTEGRIFOLIA) UNTUK PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT KELURAHAN BURAEN KECAMATAN AMARASI SELATAN KABUPATEN KUPANG

Authors

  • Wise Rogate Silalahi Universitas Terbuka
  • Yos Sudarso Universitas Terbuka
  • Yusinta Natalia Fina Universitas Terbuka
  • Imelda Paulina Soko Universitas Terbuka
  • Noveni Marlina Malle Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.33830/prosidingsenmaster.v2i1.737

Keywords:

Makadamia, Bauran Pemasaran, Keuangan, Budidaya Tanaman, Kesejahteraan

Abstract

Kelurahan Buraen Kecamatan Amarasi Selatan Kabupaten Kupang dianugerahi lahan yang subur, yang cocok untuk aktifitas kegiatan bidang pertanian. Berbagai jenis tanaman buah-buahan, bunga tumbuh dengan baik di daerah ini. Masih terdapat lahan kosong belum termanfaatkan di satu sisi, dan tingkat kesejahteraan penduduk yang masih rendah, membuat pengembangan usaha tani potensial untuk dilakukan di daerah ini. Salah satu yang dapat dikembangkan adalah usaha tani tanaman Makadamia (Macadamia integrifolia), yang sudah ada dan ditanam sejak tahun 2005 sebanyak 70 pohon dan mulai menghasilkan buah kacang sejak tahun 2012 sampai dengan saat ini, yang dilakukam oleh kelompok Tani Makadamia. Produksi kacang dari pohon Makadamia cukup produktif, dengan kapasitas berupa 15 kg per pohon per tahun dan telah berlangsung 10 tahun. Kacang Makadamia adalah jenis kacang termahal di dunia dengan kisaran harga Rp 200.000 s.d. 800.000/kg. Seharusnya jumlah tersebut bisa membuat kelompok tani menjadi sejahtera. Meskipun demikian, kelompok tani tidak melakukan pengembangan usaha, baik penanaman tanaman baru, maupun penjualan produk buah kacang. Kurangnya pengetahuan manfaat ekonomi kacang membuat tidak dilakukan pengembangan usaha tani. Mengetahui hal ini, maka Tim PkM UPBJJ-UT Kupang melakukan pengabdian dalam bentuk pendampingan dan pembimbingan.

Metode yang dilakukan adalah metode pelatihan dan non pelatihan. Pelatihan berupa pelatihan budidaya berupa pembenihan, penanaman, pelatihan pemasaran berupa strategi bauran pemasaran yang meliputi produk, harga, saluran distribusi, promosi, pelatihan pengelolaan keuangan berupa penyusunan laporan keuangan, jurnal transaksi harian, data persediaan barang, dokumen bukti fisik pembelian dan penjualan, budidaya tanaman meliputi pelatihan pembuatan pupuk, pemeliharaan, pengembangbiakan. Untuk non pelatihan, berupa penjelasan tentang bisnis dan lingkungannya, kepuasan pelanggan, pelayanan prima, dan pentingnya beradaptasi terhadap perubahan lingkungan.

Hasil diperoleh adalah terdapat peningkatan keterampilan bauran pemasaran, pengelolaan keuangan, administrasi, budidaya tanaman, serta wawasan tentang bisnis dan kepuasan pelanggan.

Published

2023-05-19