MEDIA SOSIAL UNTUK MENUNJANG KEGIATAN DIGITAL MARKETING UMKM

Authors

  • Yasir M. Pidu Universitas Terbuka
  • Raflen Aril Gerungan Universitas Terbuka
  • Andi Suci Anita Universitas Terbuka
  • Windra Irawan Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.33830/prosidingsenmaster.v2i1.741

Keywords:

Media sosial, digital marketing, UMKM

Abstract

Abstrak

Dapur Embo merupakan UMKM yang bergerak pada jasa penyediaan makanan dan minuman di Kabupaten Gorontalo yang dalam kegiatan digital marketingnya belum maksimal dikarenakan proses pengelolaan media sosial untuk digital marketingnya masih bersifat konvensional. Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman pelaku UMKM tentang penggunaan media sosial yaitu facebook dan instagram dengan pengelolaan melalui akun business facebook dalam menunjang kegiatan digital marketing. Kegiatan pelatihan diikuti oleh empat orang pegawai dan owner Dapur Embo yang dilaksanakan pada lokasi mitra dengan menerapkan protokol kesehatan. Tim PkM Universitas Terbuka Gorontalo memberikan sosialisasi tentang pentingnya pengelolaan konten media sosial melalui akun business facebook untuk promosi digital bagi UMKM, pendampingan pembuatan akun business facebook, dan pelatihan pengelolaan konten promosi melalui akun business facebook. Kegiatan dilakukan dengan metode ceramah, demonstrasi, dan simulasi baik pembuatan dan pengelolaan akun business facebook. Kegiatan PkM berjalan dengan baik, peserta juga menyatakan melalui kegiatan ini mereka dapat mengenal bagaimana memanfaatkan media sosial baik facebook dan instagram melalui akun business, pelatihan juga sesuai dengan kebutuhan mereka dalam mengelola konten untuk digital marketing UMKM. Pada akhir PkM ini peserta sudah bisa membuat dan mengelola akun business facebook secara mandiri.

Published

2023-05-19