HUMAN RESOURCE MANAGEMENT STRATEGIES TO DEVELOP THE PERFORMANCE OF TEACHING STAFF AT KALAM KUDUS CHRISTIAN SCHOOL TIMIKA
Keywords:
Human resource management, strategy, performance, teaching staffAbstract
Fokus utama dari pengelolaan sumber daya manusia (SDM) dalam dunia pendidikan yaitu menciptakan lingkungan kerja yang mendukung, mengembangkan motivasi tenaga pendidik, mengembangkan keterampilan, dan memenuhi kebutuhan sekolah untuk mencapai keberhasilan dan keunggulan yang kompetitif. Pengembangan dan perekrutan tenaga pendidik baru merupakan proses yang berkelanjutan. Tentunya hal ini akan mempengaruhi kinerja yang didapatkan dari tenaga pendidik melalui proses perekrutan. Sekolah tentunya akan terlebih dahulu meninjau kebutuhan tenaga pendidik sesuai dengan yang dibutuhkan sekolah. Secara berkala juga sekolah melakukan evaluasi untuk mengoptimalkan dan mengembangkan proses perekrutan yang sejalan dengan visi misi sekolah. Sekolah Kristen Kalam Kudus Timika menerapkan strategi untuk mengembangkan kinerja tenaga pendidik. Langkah awal yang dilakukan yaitu peningkatan kompetensi melalui pelatihan dan pengembangan, dimana di sekolah menyediakan komunitas belajar guru yang dibimbing oleh konsultan pendidikan yang profesional dalam bidangnya. Selain kegiatan terjadwal, tenaga pendidik juga terus dimotivasi untuk meningkatkan kualitas diri secara mandiri. Langkah kedua yaitu dengan monitoring dan pendampingan, hal ini dilakukan secara terus menerus melalui kegiatan supervisi baik supervisi terjadwal maupun tidak terjadwal. Langkah ketiga yaitu umpan balik dan evaluasi, hal ini dilakukan dalam bentuk supervisi, observasi, dan dalam bentuk penilaian kinerja tahunan. Langkah ke empat yaitu memberikan motivasi dan kesejahteraan tenaga pendidik. . Pengelolaan sumber daya manusia (SDM) secara optimal memiliki dampak yang baik bagi sekolah. Dengan adanya strategi pengelolaan sumber daya manusia (SDM) akan membantu sekolah dalam mengembangkan kualitas tenaga pendidik.
The main focus of human resource management (HRM) in education is to create a supportive work environment, develop educators' motivation, develop skills, and meet the needs of schools to achieve success and competitive advantage. The development and recruitment of new educators is an ongoing process. Of course, this will affect the performance obtained from educators through the recruitment process. The school will certainly first review the needs of educators in accordance with what is needed by the school. The school also periodically conducts evaluations to optimize and develop the recruitment process in line with the school's vision and mission. Kalam Kudus Christian School Timika implements strategies to develop the performance of teaching staff. The first step is to increase competence through training and development, where the school provides a learning community for teachers who are guided by professional educational consultants in their fields. In addition to scheduled activities, educators are also continuously motivated to improve their quality independently. The second step is monitoring and mentoring, which is done continuously through supervision activities, both scheduled and unscheduled supervision. The third step is feedback and evaluation, this is done in the form of supervision, observation, and in the form of annual performance appraisals. The fourth step is to provide motivation and welfare for educators. . The optimal management of human resources (HR) has a good impact on schools. The existence of human resource management strategies will help schools in developing the quality of educators.