PENINGKATAN MANAJEMEN PEMASARAN MELALUI DESAIN KEMASAN

Authors

  • admin admin Universitas Terbuka
  • Ari Juliana Universitas Terbuka
  • Setyo Kuncoro Universitas Terbuka
  • Nadia Nurani Isfarin Universitas Terbuka
  • Deddy Juniadi Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.33830/prosidingsenmaster.v1i1.100

Keywords:

pengabdian kemasan, pelatihan desain, ukm

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan pilar terpenting dalam perekonomian Indonesia. Bagaimanapun, seringkali UMKM mengalami kendala dalam hal memasarkan produknya. Beberapa faktor menjadi penyebab kendala dalam hal pemasaran produk diantaranya kualitas, finansial, tidak ada target pasar yang jelas hingga kemasan yang tidak menarik dan tidak memuat informasi tentang kandungan produk. Mitra program pengabdian masyarakat ini merupakan UMKM yang baru merintis usahanya di bidang penyedia bahan baku herbal yang mengalami kendala terkait terbatasnya pengetahuan terkait branding dan pentingnya kemasan yang menarik bagi konsumen serta penggunaan tools dan teknologi dalam membuat desain kemasan yang unik dan mewakili identitas merek. Adapun untuk mengatasi kendala tersebut, solusi yang ditawarkan adalah pelatihan desain label kemasan untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan mitra dalam memanfaatkan teknologi untuk menghasilkan kemasan yang menarik dan mempunyai identitas merek. Strategi pemasaran merupakan salah satu komponen penting dalam keberhasilan usaha, tapi banyak pelaku usaha yang mengabaikan hal tersebut. Label dan kemasan merupakan salah satu komponen dari pemasaran pada aspek produk yang dapat meningkatkan minat beli customer dan juga nilai jual produk. Penelitian menunjukkan kemasan yang baik akan meningkatkan nilai jual produk lebih dari 40% dari harga awal dan tampilan grafis yang menarik dan memuat informasi yang memadai menjadi representasi dari produk yang ditawarkan. Berdasarkan hal tersebut, kami merancang program pengabdian masyarakat dengan salah satu kegiatannya yaitu pelatihan desain label menggunakan Canva dan Freelogomaker. Dalam program abdimas ini, dibagi menjadi 4 tahapan mulai dari persiapan, pelaksanaan, monitoring evaluasi, serta pelaporan. Hasil dari kegiatan ini, mitra dapat membuat logo dan mendesain kemasan secara mandiri. Selain itu, mitra juga mendapatkan peningkatan pengetahuan terkait branding dan visual identity yang tepat dan menarik konsumen. Dari hasil pelatihan, mitra dapat membuat desain kemasan yang lebih menarik dari sebelumnya, memuat informasi yang memadai dan merepresentasikan produk yang ditawarkan (produk herbal). Berdasarkan hasil survey kepuasan mitra, mitra merasa puas dengan kegiatan pengabdian masyarakat yang diberikan.

Published

2022-09-30

Conference Proceedings Volume

Section

Artikel