PENINGKATAN KOMPETENSI MAHASISWA PROGRAM KAMPUS MENGAJAR DALAM BANTUAN ADAPTASI TEKNOLOGI PEMBELAJARAN SEKOLAH MITRA

Authors

  • admin admin Universitas Islam Majapahit (Jawa Timur)

DOI:

https://doi.org/10.33830/prosidingsenmaster.v1i1.101

Keywords:

buizizz, sosialisasi, demontrasi, teknologi

Abstract

Dalam era industri 4.0 maupun Society 5.0, menuntut kualitas sumber daya manusia masa depan yang tangguh sekaligus adaptif. Dalam konteks pendidikan tinggi, kompetensi mahasiswa harus disiapkan lebih komprehensif dan multidisiplin dalam upaya menyiapkan lulusan menghadapi perubahan social, budaya, dunia kerja dan kemajuan teknologi. Kebijakan program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) diharapkan menjadi solusi untuk permasalahan dan tuntutan tersebut yaitu program kampus mengajar di SD Kartika IV-6. Kegiatan abdimas dilaksanakan dilakukan mulai tanggal 2 Agustus 2021 s/d 17 Desember 2021. Langkah pelaksanaan abdimas antara lain: observasi terkait penggunaan teknologi dalam pembelajaran di sekolah mitra, koordinasi hasil observasi. merancang kegiatan sosialisasi dan demontrasi penggunaan platform quizizz, pelaksanaan kegiatan dan pengisian kuisioner evaluasi kegiatan abdimas. Kegiatan ini dilaksanakan di SD Kartika IV-6 dengan 6 mahasiswa beserta 9 peserta pelatihan yakni guru di sekolah mitra tersebut. Adapun hasil kegiatan abdimas ini antara lain: pada kegiatan observasi dihasilkan dalam pembelajaran daring selama masa pandemic guru sudah menggunakan google classroom, namun masih mengalami kesulitan dalam membuat presensi, menautkan video pembelajaran, serta membuat evaluasi pembelajaran di google classroom dan guru belum mengenal platform quizizz. Kemudian dilanjutkan kegiatan koordinasi dan pemberian materi terkait bantuan teknologi pembelajaran dengan peneliti (dosen) melalui google meet. Mahasiswa merancang kegiatan sosialisasi dan demontrasi penggunaan quizizz. Pada pelaksanaan kegiatan kegiatan sosialisasi dan demontrasi penggunaan quizizz guru merasa senang karena dapat menerapkan aplikasi ini dalam kegiatan pembelajaran dan sangat membantu. Hasil respon yang sangat positif ini juga ditunjukkan melalui hasil kuisioner yang mendapatkan nilai rata-rata 4,63 dengan skala 1-5. Selain itu, pelatihan aplikasi pembelajaran ini juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan literasi digital siswa yang sangat perlu dikembangkan saat ini, terutama pada masa pandemic, dan diharapkan berdampak pada peningkatan kemampuan guru dalam membuat evaluasi pembelajaran yang berbasis online.

Published

2022-09-30

Conference Proceedings Volume

Section

Artikel