PENGEMBANGAN MODEL PENDIDIKAN MULTIKEKAKSARAAN BERBASIS POTENSI LOKAL MELALUI PEMBELAJARAN PROYEK

Authors

  • admin admin Universitas Terbuka (Banten)
  • Uum Suminar Universitas Terbuka (Banten)
  • Mohammad Hisyam Universitas Terbuka (Banten)

DOI:

https://doi.org/10.33830/prosidingsenmaster.v1i1.102

Keywords:

potensi lokal, pembelajaran proyek, keberaksaraan

Abstract

Pendidikan Multikeaksaran yang dikenal dengan pasca-keaksaraan (post literacy) dapat dipandang sebagai konsep, proses dan program yang komperhensif, namun ketercapaian kompetensi dari tujuan pendidikan multikekasaraan masih sebatas konsep keberaksaraannya saja sedangkan kemampuan atau kemahiran yang merawat keberaksaraannya masih sangat terbatas. Tujuan penelitian (1) Memberikan acuan bagi pendidik dan tenaga kependidikan dalam menyelenggarakan Pendidikan Multikeaksaraan Berbasis Potensi Lokal melalui Pembelajaran Proyek. (2) Memberi tuntunan belajar kepada peserta didik untuk meningkatkan kemampuan keberaksaraan dan keterampilan yang menghasilkan karya sesuai dengan potensi lokal di wilayahnya. Metode penelitian dengan reseach and development. Waktu penelitian dari Agustus sampai April 2019. Tempat penelitian yaitu PKBM Mandiri di Kecamatan Curug Bitung Kab. Lebak, PKBM Hati Nurani Kecamatan Kalang Anyar Kabupaten Labak, PKBM Bina Remaja yang terletak di Kecamatan Cibeber Kabupaten Lebak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa panduan Pendidikan Multikeaksaraan Berbasis Potensi Lokal melalui Pembelajaran Proyek sangat efektif untuk ketercapaian kompetensi pendidikan multikeaksaraan bagi warga belajar yang mengikutinya. Dampak dari penerapan silabus dan bahan ajar ini agar peserta didik dapat merawat keberaksaraannya melalui kemampuan atau kemahiran masing-masing potensi lokalnya melalui pembelajaran proyek.

Published

2022-09-30

Conference Proceedings Volume

Section

Artikel