Prosiding SENMASTER 2021

Authors

  • Dra. Tetty Rachmi, M.Hum. Universitas Terbuka
  • Dr. Trini Prastati, M.Pd. Universitas Terbuka
  • Dr. Jaka Warsihna, M.Si. Universitas Terbuka
  • Heriani, S.IP., M.A. Universitas Terbuka

Abstract

Assalammu’alaikum wrwb
Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang selalu memberikan taufik rahmat dan hidayah kepada kita semua, sehingga prosiding Seminar Nasional dan gelar hasil digital pengabdian kepada masyarakat universitas terbuka yang ke 3 tahun 2021 , yang lebih dikenal SENMASTER dapat terbit. SENMASTER tahun 2021 diselenggarakan secara dalam jaringan (daring) dengan mengambil tema “MEMBANGUN MASYARAKAT MANDIRI UNTUK KEMAJUAN BANGSA” tema ini dipilih dengan pertimbangan bahwa bangsa yang mandiri merupakan modal dasar kemajuan bangsa yang kokoh dalam berbagai situasi.
Dari tema besar tersebut, kemudian dibagi menjadi 5 subtema yaitu 1) Pemberdayaan masyarakat dalam pemanfaatan teknologi; 2) Membangun kehidupan masyarakat sosial dan berbudaya; 3) Meningkatkan ekonomi dan taraf hidup masyarakat; 4) Meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap Kesehatan; dan Kemandirian masyarakat dalam pelestarian lingkungan
Sesuai dengan tema tersebut, dalam SENMASTER tahun ini mengundang pembicara kunci Bapak Dr. Sandiaga Salahuddin Uno, M.B.A, Menteri Pariwisata dn Ekonomi Kreatif, kemudian menghadirkan sesuai subtema, mengundang 3 pembicara panel yaitu: 1) Ir. Herlina Sulistyowati, M.Si., Direktur Jenderal Pengembangan Konomi dan Investasi Desa,Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Kementrian Desa PDTT; 2) Ahmad Agus Setiawan, ST, M.Sc. Ph,D. Staf Ahli Presiden Bidang Kajian Pengeloaan Isu Energi dan Infrastruktur; dan 3) Tri Mumpuni, Direktur IBEKA dan Praktisi Pemberdayaan Masyarakat.
Pada sesi parallel dipresentasikan oleh 51 makalah sert gelar hasil digital yang berjumlah 33 dikemas secara menarik dalam bentuk virtual tour.
Kami mengucapkan terima kasih kepada Pimpinan UT, pembicara kunci, pembicara panel, para pemakalh, dan pengirim gelar hasil, serta seluruh panitia yang telah bekerja keras untuk mensukseskan acara SENMASTER 2021.
Terima kasih, wabiltaufik walhidayah, wasalammu’alaikum wr. Wb.

Panitia SENMASTER,

PkM - LPPM

Published

2022-09-30

Conference Proceedings Volume

Section

Kata Pengantar