MENINGKATKAN KETERAMPILAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 44 KOTA TERNATE

Authors

  • Astri Dwi Jayanti Suhandoko Universitas Terbuka
  • Mohbir Umasugi Universitas Terbuka
  • Lisda Ariani Simabur Universitas Terbuka
  • Nurul Inayah
  • Aisyah Aulia Bachmid

DOI:

https://doi.org/10.33830/prosidingsenmaster.v2i1.691

Keywords:

hidroponik, sekolah hijau, regenerasi petani

Abstract

Guru sebagai agen perubahan di bidang pendidikan dituntut untuk menguasai berbagai keterampilan pemanfaatan tekonologi informasi. Tidak hanya sebagai bagian dalam professional development tetapi juga bekal dalam implementasi metode pengajaran di kelas. Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) yang telah kami lakukan adalah pembekalan kompetensi guru dalam memanfaatkan teknologi dan menghasilkan produk pembelajaran dalam bentuk digital. Program PkM diinisiasi dengan nama Teacher Professional Development of Learning Media Program yang diikuti oleh 10 orang guru dari berbagai bidang studi. Kegiatan diawali dengan (1) penyerahan perlengkapan digital, kemudian dilanjutkan dengan (2) pelatihan pengembangan video pembelajaran menggunakan aplikasi Open Toonz dan PowToon. Setelahnya 10 guru diarahkan untuk (3) mengupload video yang telah dibuat pada kanal youtube untuk dikompetisikan sesama peserta. Sebagai penutup acara, tim PkM memilih dan memberikan penghargaan kepada 3 video terbaik dan 3 video terfavorit pilihan penikmat youtube. Pengabdian yang berlangsung pada bulan Maret sampai dengan November 2021 meninggalkan kesan yang mendalam bagi para peserta. Dari hasil evaluasi dengan tehnik wawancara diketahui bahwa keikutsertaan mereka dalam program telah meningkatkan keterampilan membuat video pembelajaran, selain itu mereka juga mampu menggunakan beberapa aplikasi animasi yang belum diketahui sebelumnya. Adanya pemilihan video terbaik dan terfavorit diakhir program oleh tim PkM, diakui oleh peserta menjadi wadah mengaktualisasikan kemampuan mereka dalam mengembangkan video animasi pembelajaran.

Published

2023-05-19