PENDAMPINGAN THE 21ST CENTURY SKILLS MAHASISWA DAERAH TERLUAR DAN TERDEPAN DALAM MENGHADAPI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA)

Penulis

  • Iqbal Miftakhul Mujtahid Universitas Terbuka
  • Rian Vebrianto niversitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Musa Thahir Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Gandring Vemberia Ismayanti Universitas Terbuka
  • Sohiron Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.33830/prosidingsenmaster.v2i1.696

Kata Kunci:

Pendampingan dan Penguatan, Keterampilan Abad 21, Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)

Abstrak

Keterampilan abad 21 meliputi beberapa keterampilan antara lain: communication, collaboration, critical thinking and problem solving, serta creative and inovative. Keterampilan ini perlu diimplementasikan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari agar kualitas masyarakat meningkat. Terbatasnya pengetahuan masyarakat terhadap keterampilan abad 21 menjadi salah satu kendala dalam menghadapi MEA. Oleh karena itu, perlu upaya pengenalan keterampilan pembelajaran abad 21 ini kepada masyarakat agar dapat diimplementasikan dengan baik di lingkungan masyarakat. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di Desa Gayung Kiri dengan jumlah peserta sebanyak 25 peserta. Kegiatan ini bertujuan untuk mengoptimalkan pemahaman masyarakat terhadap keterampilan abad 21 dan cara mengimplementasikannya dalam kehidupan bermasyarakat. Pengabdian ini dilakukan dengan cara sosialisasi melalui penyampaian materi kemudian dilakukan evaluasi di akhir kegiatan yang terdiri dari tiga tahapan yaitu tahap awal, inti, dan akhir. Berdasarkan hasil kuisioner di akhir kegiatan diperoleh data bahwa isi materi yang disajikan dalam kegiatan pengabdian yang memiliki rata-rata 4.53 dengan kategori baik, penyampaian matari dalam kegiatan pengabdian yang memiliki rata-rata 4.31 dengan kategori baik, diskusi/Tanya jawab dalam kegiatan pengabdian yang memiliki rata-rata 4.31 dengan kategori baik, dan peran pengabdian dalam membuka wawasan yang memiliki rata-rata 4.26 dengan kategori baik. Hasil pengabdian memberikan informasi bahwa kegiatan pengabdian ini dapat mengoptimalkan pemahaman masyarakat di Desa Gayung Kiri terhadap keterampilan abad 21.

Biografi Penulis

Iqbal Miftakhul Mujtahid, Universitas Terbuka

Prodi Ilmu Administrasi Negara,Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Rian Vebrianto, niversitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Prodi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Musa Thahir, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

Sohiron, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Prodi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

Unduhan

Diterbitkan

2023-05-19