KEWIRAUSAHAAN BERBASIS DIGITAL SEBAGAI UPAYA PEMBERDAYAAN DAN PENINGKATAN PRODUKTIVITAS UMKM DI DESA LULUT
DOI:
https://doi.org/10.33830/prosidingsenmaster.v2i1.714Keywords:
Wirausaha, UMKM, Bisnis DigitalAbstract
Beberapa masalah yang dihadapi UMKM di Desa Lulut, Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor adalah pemasaran dan keterampilan menggunakan teknologi. UMKM di Desa Lulut memerlukan pengembangan usaha berbasis teknologi agar dapat bersaing dengan usaha-usaha baru yang bersifat online. Tujuan diadakannya kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kompetensi bisnis berbasis digital untuk UMKM sebagai upaya peningkatan kinerja dan produktivitas sehingga berdampak pada peningkatan kualitas produk, kegiatan pemasaran yang efektif dan efisien, serta pembuatan laporan yang tepat pada UMKM di Desa Lulut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan kuisioner. Materi dalam upaya pengembangan UMKM berbasis digital adalah wirausaha di era digital. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa setelah dilakukan pelatihan terjadi peningkatan pengetahuan dan persepsi terkait wirausaha di era digital pada UMKM dan masyarakat di Desa Lulut sebesar 11-25%. Perubahan yang paling signifikan terlihat pada pemahaman pelaku UMKM terhadap proses identifikasi peluang usaha di era digital. Hal tersebut tentunya membantu pelaku UMKM untuk membuat perencanaan, pengelolaan, dan pemasaran produknya dengan melihat pada peluang usaha yang ada sesuai tren dan perilaku konsumen saat ini. Dengan demikian, upaya yang dapat dilakukan adalah menumbuhkan jiwa kewirausahaan dan bergerak dari sistem konvensional menjadi sistem usaha berbasis online. Selain itu, hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa pelaku usaha sangat menyambut positif kegiatan ini serta memberikan manfaat dan inspirasi dalam menjalankan UMKM-nya secara online.