STRATEGI DAN METODE PEMBELAJARAN PJBL BAGI GURU SD/MI DI KECAMATAN KAMPA

Authors

  • Radeswandri Universitas Terbuka
  • Rian Vebrianto Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Mery Berlian Universitas Terbuka
  • Musa Thahir Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Miftah Audhiha Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.33830/prosidingsenmaster.v2i1.732

Keywords:

Metode PjBL, Program Pendampingan, Pelatihan Guru

Abstract

Riset ini bertujuan untuk menganalisis kesan guru terhadap program pendampingan dan pelatihan strategi dan metode pembelajaran PjBl. Penelitian ini merupakan penelitian Participatory Action Research (PAR) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Peserta yang mengikuti program pengabdian terdiri dari 27 orang guru di SD/MI di kecamatan kampa. Data diperoleh melalui kuesioner dan dianalisis secara deskriptif menggunakan SPSS versi 26 for windows. Penilaian kesan program pengabdian terdiri dari 3 konstruk yang mana hasil dari konstruk materi diperoleh rata-rata 4.35 dengan kategori baik, konstruk penyampaian materi diperoleh rata-rata 4.27 dengan kategori baik dan konstruk diskusi/ tanya jawab diperoleh rata-rata 4.27 dengan kategori baik. Sehingga dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa program pendampingan dan pelatihan strategi dan metode pembelajaran PjBl memiliki kesan yang baik bagi peserta.

Author Biographies

Radeswandri, Universitas Terbuka

Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi

Rian Vebrianto, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Prodi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

Mery Berlian, Universitas Terbuka

Prodi Agribisnis, Fakultas Sains dan Teknologi

Musa Thahir, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

Miftah Audhiha, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Prodi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

Published

2023-05-19