STRATEGI DAN METODE PEMBELAJARAN PJBL BAGI GURU SD/MI DI KECAMATAN KAMPA
DOI:
https://doi.org/10.33830/prosidingsenmaster.v2i1.732Keywords:
Metode PjBL, Program Pendampingan, Pelatihan GuruAbstract
Riset ini bertujuan untuk menganalisis kesan guru terhadap program pendampingan dan pelatihan strategi dan metode pembelajaran PjBl. Penelitian ini merupakan penelitian Participatory Action Research (PAR) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Peserta yang mengikuti program pengabdian terdiri dari 27 orang guru di SD/MI di kecamatan kampa. Data diperoleh melalui kuesioner dan dianalisis secara deskriptif menggunakan SPSS versi 26 for windows. Penilaian kesan program pengabdian terdiri dari 3 konstruk yang mana hasil dari konstruk materi diperoleh rata-rata 4.35 dengan kategori baik, konstruk penyampaian materi diperoleh rata-rata 4.27 dengan kategori baik dan konstruk diskusi/ tanya jawab diperoleh rata-rata 4.27 dengan kategori baik. Sehingga dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa program pendampingan dan pelatihan strategi dan metode pembelajaran PjBl memiliki kesan yang baik bagi peserta.