UMKM KUAT: UPAYA MEWUJUDKAN UMKM MAJU DAN “NAIK KELAS”
DOI:
https://doi.org/10.33830/prosidingsenmaster.v2i1.744Keywords:
Digital Marketing, Fotografi, Copy Writing, Penjualan, UMKMAbstract
Masalah terbesar yang banyak dihadapi oleh UMKM di Desa Air Ruai yaitu kurangnya pengetahuan dalam memasarkan baik secara konvensional (offline) terlebih secara online, khususnya e-commerce. Minimnya pengetahuan mengenai konsep digital marketing menginspirasi tim pengabdian untuk menyampaikan sosialisasi dan memberikan pelatihan digital marketing mengenai pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Kegiatan PkM telah dilaksanakan kepada 30 pelaku UMKM di Desa Air Ruai, Kecamatan Pemali Kabupaten Bangka. Berdasarkan permasalahan terbesarnya yaitu kurangnya informasi manajemen pemasaran maka solusi yang ditawarkan kepada mitra ialah dengan memberikan materi terkait dengan ragam penjualan, digital marketing, fotografi dan terakhir bagaimana membuat copy writing yang menarik. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah ceramah, diskusi, dan simulasi/ praktek. Luaran program ini yaitu 30 peserta berhasil memperkenalkan dan menjual produk dengan menerapkan strategi digital marketing melalui media online melalui penerapan fitur fotografi serta copy writing pada stategi penjualan.