PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN TEKNIK JARI SAKTI DALAM PERKALIAN DUA BILANGAN ASLI BAGI GURU GURU SD

Authors

  • admin admin Universitas Terbuka (Surabaya)
  • Sri Tresnaningsih Universitas Terbuka (Surabaya)
  • Aji Suwarno Universitas Terbuka (Surabaya)
  • Suparti Universitas Terbuka (Surabaya)
  • Dwi Sambada Universitas Terbuka (Surabaya)

DOI:

https://doi.org/10.33830/prosidingsenmaster.v1i1.97

Keywords:

bilangan asli, perkalian, teknik jari sakti

Abstract

Rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VI SD pada materi perkalian bilangan asli dikarenakan guru belum menggunakan media pembelajaran yang sudah teruji valid, praktis, dan efektif dalam kegiatan pembelajaran dan pembelajaran masih berpusat pada guru. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan melakukan pelatihan dan pendampingan bagi guruguru SD tentang penerapan media teknik jari sakti untuk pembelajaran perkalian dua bilangan asli lebih dari 10 dengan cepat tanpa menggunakan kertas dan alat tulis. Kegiatan menyampaian konsep dan teori disampaikan secara daring pada tanggal 28 Agustus 2021, melalui link http://sl.ut.ac.id/abdimas_jarisakti, yang diikuti oleh 54 guru-guru SD. Hasil pelatihan secara daring menunjukkan rata-rata skor pretest dan posttest dari peserta sebesar 3,4 dan 8,7 (skala 0 – 10). Lebih lanjut, hasil uji-t perbandingan dua sampel data berpasangan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pengetahuan guru guru SD mengenai konsep dan teori terkait penggunaan media teknik jari sakti dan pengukurannya dari pretest dan posttest secara signifikan. Tim juga telah membuat modul perkalian bilangan asli dengan teknik jari sakti dalam bentuk cetak, juga dalam bentuk video tutorial teknik jari sakti dengan link https://drive.google.com/file/d/1unjV_mglnrzZdZCbgtaA7QEHUX0L3tR9/view?usp=sharing Hasil pelatihan, guru guru SD telah mampu menerapkan media teknik jari sakti, melalui kegiatan pendampingan yang dilakukan oleh tim abdimas pada tanggal 18 – 19 September 2021 di SDN 1 Kedungwangi Lamongan.

Published

2022-09-30

Conference Proceedings Volume

Section

Artikel