Pengaruh Kebiasaan Bermain Game Online Terhadap Minat Baca Siswa Kelas VI di SD Kerdonmiri I Rongkop

Authors

  • Suharyoto Universitas Terbuka
  • Resty Jayanti Fakhlina UIN Imam Bonjol Padang

Keywords:

Minat Baca, Game Online, Perpustakaan, Sekolah Dasar

Abstract

Maraknya permainan-permainan game online oleh anak-anak sekolah dasar, menjadikan game online lebih diminati dari pada membaca buku. Dengan demikian, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh game online terhadap minat baca siswa kelas VI di SD Kerdonmiri I Rongkop. Metode penelitian kuantitatif digunakan pada penelitian ini, dengan pendekatan deskriptif. Peneliti menjadikan seluruh siswa kelas VI dengan jumlah 16 siswa sebagai populasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah kuesioner untuk mengetahui kebiasaan bermain game online dan minat baca siswa. Selain itu peneliti juga menggunakan instrumen observasi untuk mengetahui kebiasaan bermain game online pada siswa saat di sekolah. Kesimpulan pada penelitian ini bahwa kebiasaan bermain game online berpengaruh dan memiliki hubungan negatif terhadap minat baca siswa kelas VI di SD Kerdonmiri I Rongkop.  

Downloads

Published

2024-11-12