Kode Etik Public Relations dalam Climate Change Communication: Tinjauan Literatur Sistematis
Keywords:
Climate Change Communication, IPRA, Kode Etik Public Relations, Tinjauan Literatur SistematisAbstract
Perubahan iklim merupakan isu prioritas PBB dan masuk dalam 17 Target Sustainable Development Goals (SDG) PBB. IPRA (International Public Relations Association) sebagai pemimpin komunikasi perubahan iklim dari SDG 13 memiliki tanggung jawab meningkatkan kesadaran publik akan perubahan iklim dan upaya menghentikannya. IPRA menggunakan pedoman dari pasal kode etik IPRA dan mengimplementasikannya dalam komunikasi perubahan iklim. Ketika kode etik ini sangat penting untuk diterapkan dalam climate change communication, literatur terkait apakah praktisi PR saat ini sudah menggunakan kode etik tersebut, masih sangat kurang. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan penerapan kode etik dalam climate change communication dalam industri PR dan membandingkan studi yang telah dipublikasikan dalam konteks global. Penelitian ini menggunakan metode systematic literature review standar PRISMA 2020, yaitu: 1) pertanyaan penelitian; 2) kriteria kelayakan dan sumber informasi; 3) strategi pencarian; 4) proses pemilihan literatur; dan 5) koding dan sintesis data. Dari analisis data yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penelitian mengenai Kode Etik PR masih terfokus di negara Amerika Serikat, artikel mengenai topik ini semakin berkurang dari tahun ke tahun dan tidak ditemukan artikel yang membahas Kode Etik PR yang berkaitan dengan climate change communication. Kedepannya diharapkan semakin banyak penelitian mengenai PR terutama berkaitan dengan Kode Etik PR dan climate change communication.
Downloads
Published
Conference Proceedings Volume
Section
License
Copyright (c) 2024 Riezka Khairunnisa, Naomi Amadea Tumbelaka, Irwansyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.