Analisis Efektivitas Pemanfaatan Media Sosial Facebook sebagai Sarana Promosi di Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Batanghari Berdasarkan Engagement Rate By Post
Keywords:
Efektvitas, Facebook, sarana promosi, perpustakaan umum, engagement rate by postAbstract
Penyebaran informasi perpustakaan telah berubah menjadi virtual melalui media sosial berkat kemajuan teknologi informasi dan komunikasi.Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat efektivitas pemanfaatan media social Facebook sebagai sarana promosi Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Batanghari berdasarkan Engagement Rate by Post. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Data yang digunakan menggunakan data insight postingan akun Facebook dari 2 Agustus 2023 sampai 9 April 2024. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui survei untuk mengamati akun Facebook Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Batanghari. Selanjutnya data dianalisis menggunakan persamaan engagement rate by post dari Mackenzie Taylor, Kemudian untuk menginterpretasikan kualitas engagement rate, menggunakan klasifikasi engagement rate value yang diambil dari artikel karangan M. Leander. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas nilai rata-rata engagement rate media social Facebook sebagai sarana promosi berada pada level average/ rata-rata. Fakta ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata engagement rate keseluruhan postingan dari 2 Agustus 2023 sampai 9 April 2024, yaitu, 0,73 % untuk postingan tipe image dan 0,72 % postingan tipe video.
Downloads
Published
Conference Proceedings Volume
Section
License
Copyright (c) 2024 Intan MonalizaYorfa, Diana Maulida Zakiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.