Kinerja Pemerintah dalam Kualitas Pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum di Bidang Distribusi dan Penanganan Di Kabupaten Boalemo Provinsi Gorontalo

Authors

  • Arman Universitas Terbuka
  • Balada RAF Universitas Terbuka
  • Indriana Universitas Terbuka
  • Nindia Utami Djalali Universitas Terbuka

Keywords:

Kinerja, Kualitas Pelayanan, Perusahaan Daerah, Di Kabupaten Boalemo provinsi Gorontalo.

Abstract

Di Kabupaten Boalemo mengalami tantangan signifikan dalam pengelolaan air bersih, terutama dalam hal distribusi dan penanganan gangguan pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja pemerintah dalam memastikan kualitas pelayanan PDAM di Gorontalo, khususnya dalam aspek distribusi dan penanganan gangguan. Dengan tujuan Menilai Kualitas Pelayanan PDAM: Menganalisis kualitas pelayanan yang diberikan oleh Pedistribusi air dan penanganan gangguan pelayanan. Metode Penelitiannya dengan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode survei untuk memastikan akurasi dan relevansi dalam penelitian ini. Jenis data yang digunakan adalah data primer dengan menggunakan teknik pengambilan sampel melalui snowball sampling dengan cara survei online . Hasil penelitian ini mengungkap berbagai temuan penting terkait kinerja pemerintah dan kualitas pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Boalemo  di Provinsi Gorontalo, khususnya dalam aspek distribusi dan penanganan gangguan pelayanan air Kinerja Pemerintah menunjukkan bahwa pengawasan dan dukungan pemerintah terhadap PDAM masih kurang optimal. Banyak kendala administratif dan birokrasi yang menghambat efisiensi operasional PDAM. Dalam Kualitas Pelayanan PDAM Data survei menunjukkan bahwa banyak pelanggan mengalami ketidak merataan distribusi air, dengan beberapa daerah mendapatkan pasokan air yang sangat terbatas. Hal ini terutama terjadi di wilayah pinggiran kota dan pedesaan. 

Downloads

Published

2024-11-12