Strategi Pengembangan Layanan Akses Informasi Perpustakaan Badan Pusat Statistik Kota Yogyakarta

Authors

  • Avista Rahmadhani Hendraningtias Universitas Terbuka
  • Lolytasari Universitas Terbuka

Keywords:

Layanan akses informasi, Perpustakaan Khusus, Pengembangan Akses Informasi

Abstract

Strategi pengembangan layanan informasi sangat penting dilakukan oleh perpustakaan agar masyarakat dapat mengetahui dan mengakses informasi. Peran perpustakaan menjadi bagian utama dalam memastikan bahwa informasi dapat diakses dengan mudah dan efisien oleh semua kalangan. Perpustakaan BPS Kota Yogyakarta sebagai salah satu jenis perpustakaan khusus berperan dalam menyediakan kebutuhan data bagi pemerintah serta masyarak at. Artikel ini bertujuan untuk mengindentifikasi Strategi pengembangan layanan akses informasi pada perpustakaan Badan Pusat Statistik Kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan petugapimpinan serta pengunjung perpustakaan,mendokumentasikan kegiatan,observasi langsung terhadap kondisi layanan yang ada serta melakukan kajian pustaka sesuai dengan permasalahan peneliti. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat 3 strategi pengembangan layanan akses informasi pada perpustakaan Badan Pusat Statistik Kota Yogyakarta yaitu : (1) Perbaikan Sistem Akses Layanan Perpustakaan, (2) Memberikan fasilitas Konsultasi data informasi Statistik dan Pembuatan Jadwal Piket Pelayanan (3) Menjadikan media sosial sebagai sarana berbagi informasi statistik. Implementasi dari strategi pengembangan layanan informasi meningkatkan aksesibilitas dan memberikan kontribusi layanan akses seluasnya kepada masyarakat.

Downloads

Published

2024-11-12