Pemanfaatan Pojok Baca dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas I SD AL-FALAH: Suatu Penelitian Deskriptif Kualitatif

Authors

  • Mela Melawati Universitas Terbuka
  • Ursa Agniya Universitas Terbuka

Keywords:

literasi, minat baca, pojok baca

Abstract

Literasi membaca di sekolah merupakan kegiatan yang sangat lah penting untuk membantu perkembangan peserta didik dalam menumbuhkan minat baca. Minat baca merupakan suatu keinginan yang kuat dengan disertai usaha untuk mendapat dan membaca bahan bacaan baik atas kesadaran sendiri maupun dorongan dari luar (Falah & Adhela, 2022). Faktor konvensional dan non konvensional mempengaruhi minat baca. Pojok baca merupakan  pemanfaatan sudut ruangan di sekolah yang berfungsi sebagai sarana untuk menambah ilmu dan sarana rekreasi bagi para siswa. Pelaksanaan program pojok baca ini dapat menumbuhkan minat siswa untuk lebih gemar membaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan pojok baca dalam meningkatkan minat baca siswa kelas 1 di SD AL-FALAH. Dalam pelaksanaannya penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Selain metode deskriptif kualitatif digunakan juga metode penelitian kepustakaan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik melihat langsung atau observasi dan wawancara. Dari hasil penelitian menujukan bahwa pemanfaatan pojok baca memiliki peran penting dalam meningkatkan minat baca siswa kelas 1 di SD AL-FALAH. Upaya yang dilakukan oleh pihak sekolah dalam pemanfaatan pojok baca dilakukan melalui tiga hal, diantaranya melakukan GLS selama 15 menit, memanfaatkan buku yang ada di pojok baca sebagai sumber referensi dari tugas-tugas yang diberikan oleh guru dan untuk mengisi waktu luang siswa.

Downloads

Published

2024-11-08