A Hambatan Pengembangan Perpustakaan Sekolah di SMP Negeri 2 Ngunut
DOI:
https://doi.org/10.33830/semnasip.v2i1.6260Keywords:
Pengembangan perpustakaan sekolah, pelayanan perpustakaan, SMP Negeri 2 NgunutAbstract
Upaya pendidikan tidak lepas dengan keberadaan sekolah. Sekolah menjembatani masyarakat dalam memperoleh pendidikan. Sekolah memiliki berbagai komponen yang saling terkait dalam upaya mendidik masyarakat. Salah satu komponen sekolah adalah Perpustakaan sekolah. Perpustakaan merupakan tempat untuk membaca buku, mengolah buku, menyimpan buku serta melaksanakan bentuk pelayanan informasi dari yang tercetak ataupun non cetak, dan juga dapat dijadikan sumber untuk penelitian. Perpustakaan sekolah adalah bagian penting dari sekolah. Karena keberadannya bisa mendukung tercapainya visi dan misi sekolah itu sendiri. Akan tetapi pada kenyataannya, banyak perpustakaan sekolah dalam pengelolaannya tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan dan masalah masalah apa saja di Perpustakaan Sekolah SMP NEGERI 2 NGUNUT. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan cara wawancara langsung dan melakukan observasi. Berdasarkan penelitian saya menemukan banyak kendala yang ada untuk pengembangan Perpustakaan di Sekolah. Sehingga banyak dari civitas Sekolah yang masih kurang sadar akan pentingnya Perpustakaan Sekolah. Dengan ini penulis menyarankan agar fasilitas dan pelayanan di Perpustakaan Sekolah terus di tingkatkan supaya civitas sekolah mampu memanfaatkan bahan pustaka dengan baik dan maksimal.
Downloads
Published
Conference Proceedings Volume
Section
License
Copyright (c) 2025 Didik Purwanto, Rosiana Nurwa Indah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
