Analisis Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Promosi Perpustakaan: Studi Kasus pada Perpustakaan Umum Kabupaten Tasikmalaya
Keywords:
media sosial, perpustakaan umum, promosi perpustakaanAbstract
Perkembangan teknologi informasi memudahkan akses informasi dari mana saja. Hal ini menuntut perpustakaan melakukan inovasi agar dapat menjangkau pengguna lebih luas dan meningkatkan pemanfaatan perpustakaan yang dapat dilakukan melalui promosi perpustakaan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pemanfaatan media sosial sebagai media promosi pada Perpustakaan Umum Kabupaten Tasikmalaya. Pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus digunakan pada penelitian ini. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa Perpustakaan Umum Kabupaten Tasikmalaya telah menggunakan WhatsApp Business dan Instagram secara optimal. Tujuan mempromosikan perpustakaan melalui media sosial adalah untuk menarik masyarakat mengunjungi perpustakaan, menggunakan layanan, dan menginformasikan koleksi perpustakaan. Strategi dilakukan melalui bekerja sama dengan komunitas dalam pembuatan konten, membentuk tim, mengajak pemustaka mengikuti akun resmi perpustakaan, dan melakukan evaluasi. Terdapat kendala berupa keterbatasan SDM, kurangnya ide atau kreativitas, dan kurangnya pelatihan. Perpustakaan berupaya mengunggah postingan di media sosial setiap bulannya, berkolaborasi dengan komunitas untuk pembuatan konten, mencari referensi, dan membuat konten berdasarkan trend sebagai solusi dari kendala yang dihadapi.
Downloads
Published
Conference Proceedings Volume
Section
License
Copyright (c) 2025 Sintia Maramis, Raden Fasha Nurlidia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
