Strategi Komunikasi VTuber dalam Membangun Kedekatan Emosional dengan Audiens Digital
DOI:
https://doi.org/10.33830/semnasip.v2i1.6369Keywords:
vtuber, komunikasi digital, relasi parasosial, identitas virtual, interaksi simbolikAbstract
Perkembangan teknologi digital telah mendorong transformasi komunikasi manusia ke ruang-ruang virtual, termasuk dalam pembentukan identitas. Salah satu fenomena menonjol adalah kemunculan Virtual YouTuber (VTuber), yaitu kreator konten yang menggunakan avatar virtual sebagai representasi diri dalam berinteraksi dengan audiens. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi VTuber dalam membangun kedekatan emosional dengan penonton serta mengidentifikasi elemen komunikasi yang membentuk relasi parasosial. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan analisis konten tiga dimensi Fairclough (1995), penelitian ini mencoba menganalisis 2 Vtuber Indonesia yakni Kobo Kanaeru dan Mythia Batford. Hasil penelitan menunjukkan bahwa Vtuber menggunakan pemilihan bahasa, gaya penyampaian, dan narasi keseharian berfungsi sebagai simbol sosial yang membentuk persepsi keakraban. Simbol-simbol ini memfasilitasi kedekatan emosional antara VTuber dan penontonnya. Meskipun bersifat satu arah, interaksi yang dibangun oleh VTuber mampu menciptakan rasa keterlibatan, loyalitas, dan afeksi di kalangan audiens. Temuan ini memperkaya kajian komunikasi digital serta memberikan wawasan praktis bagi konten kreator dan industri media virtual.
Downloads
Published
Conference Proceedings Volume
Section
License
Copyright (c) 2025 Issam Muhammad Rayhan, Irla Yulia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
