Pengaruh Strategi Pemasaran, Inovasi Produk, dan Citra Merek terhadap Loyalitas Konsumen pada Melati Swalayan
Keywords:
Strategi pemasaran, inovasi produk, citra merek, loyalitas konsumenAbstract
Penurunan kunjungan konsumen ke toko ritel skala kecil-menengah di Jambi, termasuk Melati Swalayan, yang mengalami penurunan penjualan 9,4% dan pelanggan tetap 12,1% dalam enam bulan terakhir. Kondisi ini disebabkan oleh belum optimalnya strategi pemasaran digital, minimnya inovasi produk lokal, dan citra merek yang lemah di mata konsumen yang semakin kritis dan memiliki banyak pilihan. Tujuan dari kajian ini adalah agar diketahui loyalitas konsumen yang diberi dampak oleh strategi pemasaran, inovasi produk, dan citra merek. Kajian penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif dengan melaksanakan survey langsung dilapangan. Data penelitian dikumpulkan dari kuesioner yang disebarkan pada 100 responden. Data yang diperoleh diolah dengan SPSS versi 26. Pengujian yang dilaksanakan untuk mengetahui dampak dari variabel x pada variabel y. Temuan dari hasil pengujian adalah dampak yang nyata diberikan oleh strategi pemasaran, inovasi produk, serta citra merek terhadap loyalitas konsumen di Melati Swalayan. Variabel yang paling memberikan dampak adalah citra merek.
Downloads
Published
Conference Proceedings Volume
Section
License
Copyright (c) 2025 Redi Kendana, Rezki Aguswidya Utami

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
