Perilaku Komunikasi Bisnis Dalam Konteks Kerja Sama Tim Di Perusahaan Telekomunikasi Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.33830/semnasip.v2i1.6621Keywords:
Kerja sama tim, Komunikasi bisnis, PerilakuAbstract
Abstrak Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis perilaku komunikasi bisnis dalam konteks kerja sama tim di perusahaan telekomunikasi Jakarta, mengingat pentingnya efisiensi operasional di era globalisasi dan persaingan bisnis yang sangat ketat. Metode penelitian yang digunakan kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dengan anggota tim, manajer unit, staf pengadaan, staf logistik dan observasi partisipan. Hasil dari penelitian menunjukkan komunikasi verbal didominasi penyampaian informasi yang jelas dan tepat, penggunaan bahasa efektif, praktik umpan balik, diskusi dan argumentasi konstruktif, serta pemilihan media komunikasi yang sesuai. Komunikasi nonverbal muncul melalui ekspresi wajah, bahasa tubuh, kontak mata dan jarak fisik. Faktor-faktor internal yang memengaruhi meliputi struktur tim, gaya kepemimpinan partisipatif, norma dan nilai budaya organisasi yang kolaboratif, karakteristik individu serta tingkat kepercayaan antar anggota tim. Faktor eksternal meliputi dinamika lingkungan kerja yang kompetitif, perkembangan teknologi serta kebijakan dan regulasi perusahaan. Implikasi penelitian menekankan pentingnya perkembangan praktik komunikasi bisnis yang efektif melalui pelatihan, penguatan budaya komunikasi terbuka dan peningkatan kepercayaan antar anggota tim untuk mendukung kinerja organisasi. Kata kunci: Kerja sama tim, Komunikasi bisnis dan PerilakuDownloads
Published
2025-12-03
Conference Proceedings Volume
Section
Articles
License
Copyright (c) 2025 Wulan Arum Sari, Vera Yulia Harmayanthi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
