Analisis Pengaruh Entrepreneurship Education dan Self-Concept terhadap Entrepreneurial Intention Mahasiswa Gen Z
DOI:
https://doi.org/10.33830/semnasip.v2i1.6705Keywords:
Entrepreneurial intention, entrepreneurship education, mahasiswa generasi z, self-conceptAbstract
Niat kewirausahaan (Entrepreneurial Intention) merupakan penentu strategis yang menentukan keinginan individu untuk memulai serta mengelola sebuah bisnis yang sukses. Karakteristik dari niat kewirausahaan tampak pada individu yang mulai menyadari keinginan mereka untuk mendirikan bisnis baru atau mewujudkan berbagai nilai inti yang baru dalam organisasi mereka saat ini. Adapun tujuannya dari penelitian ini guna menganalisis korelasi antara pendidikan kewirausahaan (Entrepreneurship Education) maupun persepsi konsep diri (Self-Concept) di kalangan mahasiswa. Secara spesifik, pendidikan kewirausahaan (Entrepreneurship Education) dan konsep diri (Self-Concept) dimanfaatkan sebagai indikator pengukuran untuk menelaah keterkaitan serta dampaknya terhadap niat kewirausahaan (Entrepreneurial Intention). Penelitian ini mengumpulkan data melalui kuesioner dengan total 16 pertanyaan yang didistribusikan kepada seluruh responden. Sebanyak 150 mahasiswa menjadi partisipan dalam penelitian ini yang dipilih secara acak menggunakan metode sampling sederhana dari populasi mahasiswa di Indonesia. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan bantuan perangkat lunak SPSS versi 25.0. Temuan ini mengungkapkan bahwasanya ditemukan adanya hubungan antara variabel independen yakni Pendidikan Kewirausahaan (Entrepreneurial Education) dan Konsep Diri (Self-Concept) terhadap variabel dependen yaitu Niat Kewirausahaan (Entrepreneurial Intention). Kedua variabel independen tersebut secara bersama-sama memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Niat Kewirausahaan pada mahasiswa Gen Z. Kata kunci: Entrepreneurial Intention, Entrepreneurship Education, Mahasiswa Generasi Z, Self-ConceptDownloads
Published
2025-12-04
Conference Proceedings Volume
Section
Articles
License
Copyright (c) 2025 Arifah Rochmatis Syahni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
