Peran pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam mewujudkan warga negara multikultural
Keywords:
Pembelajaran, Pendidikan Kewarganegaraan, Warga Negara MultikulturalAbstract
Tujuan: artikel ini membahas peran penting Pendidikan Kewarganegaraan dalam mewujudkan nilai-nilai kewarganegaraan multikultural bagi peserta didik melalui pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di sekolah. Multikulturalisme bukan sekadar pengakuan atas keberadaan keragaman, melainkan juga sebagai suatu konsep atau kebijakan politik untuk mengelola dan menangani keragaman budaya serta klaim-klaim moral, hukum, dan politis yang muncul akibat loyalitas terhadap etnis, agama, bahasa, atau kebangsaan.
Metode: melalui pendekatan kualitatif, penulis bertujuan untuk mengeksplorasi peran sekolah dalam mewujudkan kewarganegaraan multikultural pada peserta didik.
Hasil:
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) memiliki peran penting dalam mewujudkan warga negara multikultural. Pembelajaran PPKn yang efektif dapat meningkatkan kesadaran multikultural serta pemahaman siswa tentang keberagaman budaya, agama, dan etnis dalam masyarakat.
Kebaruan: pendekatan pembelajaran PPKn yang bermuatan pendidikan multikultural dan berpadu dengan Project Based Learning menjadi kebaruan dalam penelitian ini, karena menawarkan model pembelajaran yang kontekstual, aktif, dan relevan dengan kehidupan siswa di masyarakat yang majemuk.
Downloads
Published
Conference Proceedings Volume
Section
License
Copyright (c) 2025 Fegiano Wulung Alami, Margi Wahono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.