Peranan guru penggerak dalam mengembangkan literasi kewarganegaraan di sekolah dasar

Authors

  • Kusman Rukmana Universitas Pendidikan Indonesia

Keywords:

guru penggerak, literasi kewarganegaraan, sekolah dasar

Abstract

Tujuan: penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis peranan guru penggerak dalam  pengembangan literasi kewarganegaraan di sekolah dasar. Penelitian ini dirasa penting mengingat guru penggerak memiliki peranan yang sangat penting dalam menggerakan proses pembelajaran dan memberikan contoh bagaimana literasi kewarganegaraan dikembangkan.

Metode: pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Peneliti melakukan kajian literatur, observasi lapangan dan wawancara mendalam terhadap 20 guru penggerak di sekolah dasar.

Hasil: hasil penelitian menunjukan bahwa guru penggerak memiliki peranan yang sangat strategis mengembangkan literasi kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Guru penggerak memberikan sedikitnya 4 peranan yaitu guru sebagai fasilitator, guru sebagai mediator, guru sebagai inisiator dan guru sebagai motivator untuk meningkatkan literasi kewarganegaraan bagi peserta didik.

Kebaruan: penelitian ini difokuskan pada peran guru penggerak sebagai program unggulan pemerintah yang sudah digulirkan sejak tahun 2020 melalui program guru penggerak (PGP) dengan tujuan menyiapkan pemimpin-pemimpin pendidikan dimasa yang akan datang yang bisa mewujudkan generasi unggul di Indonesia.

Author Biography

Kusman Rukmana, Universitas Pendidikan Indonesia

Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan

Downloads

Published

2025-06-25