Penguatan karakter gotong royong dalam pembelajaran pendidikan Pancasila berbantuan media pembelajaran plus minus interest

Authors

  • Thoriq Abdul Aziz Universitas Pendidikan Indonesia

Keywords:

pendidikan Pancasila, plus minus interest, gotong royong, media pembelajaran

Abstract

Tujuan: penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengkaji penguatan karakter gotong royong peserta didik yang terlihat dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila berbantuan media pembelajaran Plus Minus Interest (PMI) pada peserta didik kelas X SMA Labschool UPI. Plus Minus Interest (PMI) merupakan inovasi media pembelajaran yang memerlukan aspek kerja sama dan kolaborasi antar kelompok berbasis aplikasi digital yang dikerjakan secara bersama-sama.

Metode: pendekatan penelitian dilaksanakan kualitatif dengan metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan analisis dokumen rencana pembelajaran, bahan ajar serta nilai hasil belajar peserta didik.

Hasil: hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran Plus Minus Interest (PMI) berkontribusi signifikan terhadap penguatan karakter gotong royong dalam kegiatan pembelajaran Pendidikan Pancasila di kelas X SMA Labschool UPI, penguatan karakter yang tampak dari dimensi gotong royong ini adalah kemampuan kolaborasi dan kerja sama antar peserta didik.

Kebaruan: potensi media pembelajaran plus minus interest (pmi) sebagai inovasi media pembelajaran Pendidikan Pancasila berbasis kerja sama di era digital dapat diaplikasikan sebagai sarana penguatan karakter gotong royong dari aspek kolaborasi dan kerja sama antar peserta didik dalam kegiatan pembelajaran Pendidikan Pancasila di kelas.

Author Biography

Thoriq Abdul Aziz, Universitas Pendidikan Indonesia

Pendidikan Kewarganegaraan, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial

Downloads

Published

2025-06-25