Integrasi kewarganegaraan ekologis dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan untuk meningkatkan civic engagement mahasiswa
Keywords:
kewarganegaraan ekologis, pendidikan kewarganegaraan, civic engagementAbstract
Tujuan: tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif konsep kewarganegaraan ekologis dimasukkan ke dalam materi pendidikan kewarganegaraan untuk meningkatkan partisipasi mahasiswa dalam kehidupan masyarakat. Mahasiswa akan dimotivasi untuk berpartisipasi dalam aktivitas sosial dan lingkungan melalui pembelajaran yang mengintegrasikan konsep kewarganegaraan ekologis.
Metode: penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini melibatkan mahasiswa dan dosen pendidikan kewarganegaraan. Wawancara mendalam dilakukan dengan dosen dan mahasiswa untuk mengetahui persepsi, pengalaman, dan efek integrasi kewarganegaraan ekologis. Pembelajaran integrasi kewarganegaraan ekologis dievaluasi melalui observasi kelas. Studi dokumentasi materi pembelajaran juga dilakukan untuk melihat sejauh mana konsep kewarganegaraan ekologis dimasukkan ke dalam materi, tugas, dan proyek pembelajaran. Untuk mendorong integrasi kewarganegaraan ekologis, program dan materi pembelajaran berfokus pada pemahaman tentang masalah lingkungan, pelestarian sumber daya alam, dan peran setiap orang dalam ekosistem. Konsep ini dilaksanakan dengan menerapkan pendekatan partisipatif.
Hasil: hasil penelitian menunjukkan bahwa belajar tentang kewarganegaraan ekologis meningkatkan kesadaran dan partisipasi mahasiswa dalam aktivitas sosial dan lingkungan.
Kebaruan: penemuan baru dalam penelitian ini adalah metode kreatif yang menggabungkan gagasan kewarganegaraan ekologis dengan metode partisipatif.
Downloads
Published
Conference Proceedings Volume
Section
License
Copyright (c) 2025 Nisrina Nurul Insani, Diana Noor Anggraini, Pitria Sopianingsih, Widianti Utami Martadinata

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.