Integrasi kewarganegaraan ekologis dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan untuk meningkatkan civic engagement mahasiswa

Authors

  • Nisrina Nurul Insani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Diana Noor Anggraini Universitas Pendidikan Indonesia
  • Pitria Sopianingsih Universitas Pendidikan Indonesia
  • Widianti Utami Martadinata Universitas Pendidikan Indonesia

Keywords:

kewarganegaraan ekologis, pendidikan kewarganegaraan, civic engagement

Abstract

Tujuan: tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif konsep kewarganegaraan ekologis dimasukkan ke dalam materi pendidikan kewarganegaraan untuk meningkatkan partisipasi mahasiswa dalam kehidupan masyarakat. Mahasiswa akan dimotivasi untuk berpartisipasi dalam aktivitas sosial dan lingkungan melalui pembelajaran yang mengintegrasikan konsep kewarganegaraan ekologis.

Metode: penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini melibatkan mahasiswa dan dosen  pendidikan kewarganegaraan. Wawancara mendalam dilakukan dengan dosen dan mahasiswa untuk mengetahui persepsi, pengalaman, dan efek integrasi kewarganegaraan ekologis. Pembelajaran integrasi kewarganegaraan ekologis dievaluasi melalui observasi kelas.  Studi dokumentasi materi pembelajaran juga dilakukan untuk melihat sejauh mana konsep kewarganegaraan ekologis dimasukkan ke dalam materi, tugas, dan proyek pembelajaran. Untuk mendorong integrasi kewarganegaraan ekologis, program dan materi pembelajaran berfokus pada pemahaman tentang masalah lingkungan, pelestarian sumber daya alam, dan peran setiap orang dalam ekosistem. Konsep ini dilaksanakan dengan menerapkan pendekatan partisipatif.

Hasil: hasil penelitian menunjukkan bahwa belajar tentang kewarganegaraan ekologis meningkatkan kesadaran dan partisipasi mahasiswa dalam aktivitas sosial dan lingkungan.

Kebaruan: penemuan baru dalam penelitian ini adalah metode kreatif yang menggabungkan gagasan kewarganegaraan ekologis dengan metode partisipatif.

Author Biographies

Nisrina Nurul Insani, Universitas Pendidikan Indonesia

Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial

Diana Noor Anggraini, Universitas Pendidikan Indonesia

Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial

Pitria Sopianingsih, Universitas Pendidikan Indonesia

Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial

Widianti Utami Martadinata, Universitas Pendidikan Indonesia

Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial

Downloads

Published

2025-06-25