Teknik etnografi dalam pembelajaran PPKn berbasis budaya lokal dan kebangsaan pada siswa sekolah menengah

Authors

  • Jepri Utomo Universitas Madako
  • Inayatul Mutmainnah Universitas Pepabri

Keywords:

Teknik Etnografi, Pembelajaran PPKn, Budaya Lokal dan Kebangsaan, Konsep 3S, Sekolah Menengah

Abstract

Tujuan: penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas, tantangan, dan dampak positif teknik etnografi dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep 3S (Sipakainge, Sipakatau, Sipakalebbi) pada pembelajaran PPKn di Sekolah Menengah Kota Makassar.

Metode: penelitian didesain menggunakan paradigma post positivistik dan pendekatan campuran dengan jenis penelitian mix method (kuantitatif-kualitatif). Penelitian dilakukan sejak bulan maret hingga april 2024. Penelitian ini melibatkan identifikasi populasi dan sampel pada siswa SMP Negeri 18 dan SMA Negeri 7 di Makassar, serta informannya adalah guru PPKn dari masing-masing sekolah tersebut. Validitas dan reliabilitas data survei dijamin melalui uji coba kuesioner sebelumnya, dan pedoman etika penelitian ditegakkan dengan memastikan keamanan data, privasi peserta, dan persetujuan dari subjek penelitian sebelum partisipasi. Kemudian, dilanjutkan dengan penggunaan kuesioner survei dan panduan wawancara semi terstruktur sebagai alat pengumpulan data. Survei dilakukan terhadap 300 siswa secara rundom stratified sampling sebelum dan setelah penerapan teknik etnografi, sementara wawancara dilakukan dengan empat guru PPKn dari masing-masing sekolah. Analisis data survei menggunakan statistik deskriptif untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap konsep 3S, sementara analisis data wawancara bertujuan untuk mendalami kesulitan dan solusi dalam penerapan konsep tersebut.

Hasil: hasil penelitian menunjukkan mayoritas siswa memiliki pemahaman yang baik tentang konsep 3S, meskipun terdapat sebagian kecil yang memperlihatkan pemahaman yang kurang memadai. Guru PPKn telah berusaha menginternalisasikan konsep 3S dalam pembelajaran melalui teknik etnografi, namun masih terdapat tantangan terkait keterbatasan waktu, sumber daya, dan integrasi nilai-nilai budaya lokal ke dalam kurikulum nasional.

Kebaruan: kebaruan penelitian ini terletak pada paradigma, pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan. Fokus pada teknik etnografi berbasis budaya lokal dan kebangsaan, khususnya konsep 3S dari suku Bugis, memberikan kontribusi penting terhadap pemahaman nilai-nilai budaya daerah dan nasional. Selain itu, kebaruan terletak pada pendekatan holistik yang memadukan aspek budaya lokal dan kebangsaan dengan Pendidikan Pancasila, dan Kewarganegaraan.

Author Biographies

Jepri Utomo, Universitas Madako

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Inayatul Mutmainnah, Universitas Pepabri

Program Studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Downloads

Published

2025-06-25