Integrasi kearifan lokal dalam implementasi project citizen melalui pembelajaran PPKn
Keywords:
project citizen, kearifan lokal, pembelajaran PPKnAbstract
Tujuan: penelitian ini menganalisis implementasi Project Citizen dalam menyatukan kearifan lokal dengan pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di Institut Teknologi Sumatera (ITERA) dan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).
Metode: melalui pendekatan kualitatif, proses implementasi dan dampaknya dalam pembelajaran PPKn diselidiki dengan menggunakan observasi, wawancara, dan analisis dokumen.
Hasil: hasilnya menunjukkan bahwa implementasi Project Citizen telah berhasil mengintegrasikan kearifan lokal ke dalam kurikulum PPKn di kedua institusi tersebut. Integrasi ini memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap nilai-nilai lokal serta meningkatkan keterlibatan mereka dalam pembelajaran yang bermakna. Mahasiswa tidak hanya memperoleh pemahaman teoritis tentang PPKn, tetapi juga terlibat secara aktif dalam proyek-proyek yang relevan dengan realitas sosial dan budaya lokal. Implikasi dari penelitian ini sangat relevan bagi pengembangan kurikulum PPKn di institusi pendidikan tinggi lainnya di Indonesia.
Kebaruan: integrasi kearifan lokal bukan hanya meningkatkan relevansi pembelajaran, tetapi juga memperkuat identitas kultural mahasiswa serta mempromosikan partisipasi aktif dalam pembangunan lokal. Dengan demikian, penelitian ini memberikan landasan untuk pengembangan pendidikan yang lebih kontekstual dan berkelanjutan di masa depan, memperkuat jati diri bangsa Indonesia dalam konteks global yang semakin kompleks.
Downloads
Published
Conference Proceedings Volume
Section
License
Copyright (c) 2025 Nufikha Ulfah, Anjar Nur Cholifah, Yayuk Hidayah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.