Persepsi mahasiswa pada inovasi pembelajaran digital pendidikan kewarganegaraan di pendidikan tinggi vokasi
Keywords:
persepsi, mahasiswa, inovasi, pembelajaran digital, pendidikan kewarganegaraanAbstract
Tujuan: tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui persepsi mahasiswa pada inovasi pembelajaran digital Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di pendidikan tinggi vokasi. Mata kuliah PKn merupakan mata kuliah wajib yang diamanatkan Undang-undang No.12 Tahun 2012, maka setiap program studi pendidikan tinggi wajib ada. Penyampaian mata kuliah PKn biasanya dilakukan dengan metode ceramah dan diskusi. Dosen mata kuliah PKn akan membagi mahasiswa ke dalam beberapa kelompok berdasarkan tema yang akan dibahas. Setiap kelompok ditugaskan membuat makalah dan dipresentasikan setiap pertemuan. Penelitian ini mengekplorasi persepsi mahasiswa apakah metode perkuliahan seperti ini masih relevan diterapkan di era digital saat ini.
Metode: penelitian ini menggunakan bersifat deskriptif dengan metode kualitatif. Objek penelitian memakai purpossive sampling yaitu mahasiswa tingkat dua program studi D3 Perhotelan Politeknik Pajajran Insan Cinta Bangsa Bandung. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara kepada delapan orang mahasiswa yang dipilih berdasarkan prestasi akademik dan berkepribadian yang baik. Waktu penelitian yaitu satu semester pada semester ganjil 2023-2024. Pertanyaan yang diajukan seputar persepsi mahasiswa terhadap kuliahan PKn yang sudah diampu kemudian diberikan gambaran inovasi PKn berbasis digital untuk diterapkan kepada mahasiswa baru yang akan datang. Hasil wawancara kemudian akan diklasifikasikan dan dianalisis dengan teori pendukung yang relevan.
Hasil: hasil penelitian ini yaitu persepsi mahasiswa menunjukkan metode ceramah dan diskusi di kelas perlu diubah. Maka inovasi digital harus dilakukan pada mata kuliah pendidikan kewarganegaraan dengan memanfaatkan literasi digital berupa tulisan di blog pribadi atau mempublikasikannya di jurnal ilmiah atau website berita online. Selain itu juga dapat berupa audio visual dengan memanfaatkan media sosial instagram.
Kebaruan: penelitian mengenai persepsi pada inovasi pembelajaran digital pendidikan kewarganegaraan belum pernah dilakukan sebelumnya.
Downloads
Published
Conference Proceedings Volume
Section
License
Copyright (c) 2025 Yaya Mulya Mantri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.