Penguatan karakter unggul melalui kurikulum PPKn yang berbasis digital untuk generasi milenial
Keywords:
digital, generasi milenial, kurikulum PPKnAbstract
Tujuan: penelitian ini bertujuan untuk menggali potensi penguatan karakter unggul melalui implementasi Kurikulum Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) yang berbasis digital bagi generasi milenial.
Metode: metode systematic literature review dengan menggunakan perangkat Harzing's Publish or Perish digunakan untuk mengidentifikasi pembelajaran PPKn Berbasis Digital. Ditemukan 38 paper hasil pencarian yang diterbitkan dalam sepuluh tahun terakhir.
Hasil: setelah proses seleksi dan analisis artikel jurnal, temuan penelitian menunjukkan bahwa pengembangan bahan ajar pembelajaran PPKn berbasis digital dapat dilakukan dengan beragam media seperti media e-komik, e-modul, bahan ajar digital interaktif berbasis aplikasi Flip Builder, media pembelajaran digital berbasis Teams Office 365, video pembelajaran, presentasi dengan PowerPoint, Google Classroom, YouTube, dan media sosial. Selanjutnya, berbagai kegiatan seperti seminar, workshop, dan pelatihan pengembangan model pembelajaran berbasis digital bagi Guru PPKn menjadi sangat penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PPKn di era digital.
Kebaruan: temuan penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan kurikulum yang responsif terhadap tuntutan zaman, serta memberikan wawasan bagi pendidik dan pengambil kebijakan dalam menghadapi tantangan pendidikan di era digital untuk menciptakan generasi yang berkarakter unggul.
Downloads
Published
Conference Proceedings Volume
Section
License
Copyright (c) 2025 Matang

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.