Insersi nilai karakter antikorupsi dalam materi Al-Islam Kemuhammadiyahan di SD Muhammadiyah Kayen Condongcatur

Authors

  • Suyitno Universitas Ahmad Dahlan
  • Norma Qur’ani Universitas Ahmad Dahlan
  • Ilmiatus Soleha Universitas Ahmad Dahlan

Keywords:

Insersi, Nilai Antikorupsi, Al Islam, Kemuhammadiyahan

Abstract

Tujuan: tujuan penelitian untuk mendeskripsikan nilai-nilai karakter antikorupsi yang diinsersikan dalam materi pelajaran Al Islam Kemuhammadiyahan di Sekolah Dasar.

Metode: jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Untuk mendapatkan data dari subjek dan objek yang diinginkan, peneliti melakukan penelitian langsung ke lapangan. Kepala sekolah dan guru ISMUBA di SD Muhammadiyah Kayen Condongcatur menjadi subjek penelitian dan objeknya adalah insersi pendidikan antikorupsi dalam pembelajaran Al Islam Kemuhammadiyahan. Data penelitian dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penyajian data dilakukan secara deskriptif dengan sistem observasi langsung di SD Muhammadiyah Kayen Condongcatur, wawancara kepada kepala sekolah dan guru ISMUBA, serta mengambil dokumentasi lebih lanjut tentang insersi nilai-nilai antikorupsi pada materi Al Islam kemuhammadiyahan. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan teori Miles dan Huberman yakni reduction, display, dan conclusion drawing/verification.

Hasil:  hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai karakter antikorupsi telah diinsersi dengan nilai-nilai Islam dalam materi pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan sekolah dasar, mulai dari kelas satu hingga kelas enam. Materi pembelajaran Al-Islam mencakup hidup jujur, bertanggung jawab, hidup bersih dan disiplin, menghargai waktu, kerja keras, tekun, mandiri, ulet, ikhtiar, tawakal, rendah hati, ikhlas, tawadhu, adil, istiqomah, amanah dan menepati janji. Sedangkan materi pembelajaran Kemuhammadiyahan mencakup janji pelajar Muhammadiyah, Hizbul Wathan serta meneladani sikap Jenderal Soedirman, K.H. A.R. Fachruddin, dan K.H. Mas Mansur.

Kebaruan: perbedaan mendasar dalam penelitian ini dengan penelitian tentang pendidikan antikorupsi sebelumnya adalah fokusnya yang lebih spesifik pada materi pembelajaran Al Islam Kemuhammadiyahan bukan pendidikan pancasila dan pendidikan kewarganegaraan.

Author Biographies

Suyitno, Universitas Ahmad Dahlan

Prodi PGSD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Norma Qur’ani, Universitas Ahmad Dahlan

Prodi PGSD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Ilmiatus Soleha, Universitas Ahmad Dahlan

Prodi PGSD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Downloads

Published

2025-06-25