Revitalisasi Pendidikan Karakter Berbasis Budaya melalui Tradisi Siram Jimat dalam Perspektif Etnopedagogi

Penulis

  • Tresna Nadia Universitas Garut
  • Desi Fitriani Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Garut
  • Hegi Ariandi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Garut.
  • Ani Siti Anisah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Garut.

Kata Kunci:

pendidikan karakter, siram jimat, tradisi lokal

Abstrak

Penelitian ini membahas revitalisasi pendidikan karakter berbasis budaya melalui Tradisi Siram Jimat di Desa Dangiang, Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut, dalam perspektif etnopedagogi. Tradisi Siram Jimat sebagai warisan budaya lokal tidak hanya berfungsi sebagai pelestarian budaya, tetapi juga sarana pembelajaran nilai karakter seperti religiusitas, sosial, dan toleransi. Metode yang digunakan adalah wawancara mendalam dengan tokoh adat serta kajian dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tradisi Siram Jimat sarat nilai pendidikan karakter yang dapat diintegrasikan dalam kurikulum sekolah dasar, terutama dalam implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Tradisi ini relevan sebagai media pendidikan kontekstual untuk membentuk karakter pelajar yang berbudaya, toleran, dan berwawasan kebangsaan di era globalisasi.

Kata kunci: pendidikan karakter; siram jimat, tradisi lokal.

Unduhan

Diterbitkan

2025-11-28

Terbitan

Bagian

##section.default.title##