Integrasi steam untuk mendorong pemikiran kritis dan pemecahan masalah siswa sd
Kata Kunci:
STEAM, Pemecahan Masalah, Berpikir kritisAbstrak
Pembelajaran yang terintegrasi dengan pendekatan STEAM (Sains, Teknologi, Teknik, Seni, dan Matematika) memberikan ruang bagi siswa untuk terlibat secara aktif dalam kegiatan berpikir, bereksplorasi, dan menyelesaikan masalah secara kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana integrasi STEAM dapat mendorong kemampuan berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah siswa di MI Al Falah Tanggul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi kelas, wawancara guru, dan telaah hasil karya siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi unsur-unsur STEAM dalam pembelajaran tematik mendorong siswa untuk mengajukan pertanyaan reflektif, menganalisis informasi secara logis, serta menemukan solusi dari permasalahan kontekstual yang diberikan guru. Penggunaan proyek berbasis masalah juga memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengembangkan gagasan secara mandiri dan berkolaborasi dengan teman sebaya. Dengan demikian, pendekatan STEAM terbukti mendukung pengembangan proses berpikir yang mendalam serta keterampilan menyelesaikan masalah secara sistematis di lingkungan MI.
