Penanaman Nilai-Nilai Multikultural Melalui Project Based Learning pada mata pelajaran IPS

Penulis

  • Rizqy Amalia Nurfadila UAS
  • Halimatus Sadiyah Tadris Matematika, UniversitasAl Falah As Sunniyah
  • Mochammad Humaid Tadris Matematika, UniversitasAl Falah As Sunniyah
  • Hafif Komarullah Tadris Matematika, Universitas Al Falah As Sunniyah

Kata Kunci:

Multikultural, , Project Based Learning, Multikultural, Project Based Learning, IPS

Abstrak

Abstrak : Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penanaman nilai-nilai multikultural melalui model Project Based Learning pada mata pelajaran IPS di SDN Bagorejo 01. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PjBL mendorong peserta didik untuk bekerja sama dalam kelompok, menghargai perbedaan, dan menyelesaikan proyek secara kolaboratif. Kegiatan pembelajaran yang kontekstual membantu peserta didik memahami nilai-nilai sosial dan budaya dalam kehidupan nyata. PjBL terbukti efektif dalam menanamkan nilai-nilai multikultural di lingkungan sekolah dasar.

Unduhan

Diterbitkan

2025-11-28

Terbitan

Bagian

##section.default.title##