Pembelajaran steam sebagai pendekatan holistik dalam pengembangan kompetensi siswa sd

Penulis

  • Dwi Margi Utami Universitas Al Falah Assuniyyah Kencong Jember
  • Abdul Rosi Universitas AL Falah Assuniyyah Kencong Jember
  • Pudji Rahmawati Universitas AL Falah Assuniyyah Kencong Jember
  • Hafif Komarullah Universitas AL Falah Assuniyyah Kencong Jember

Kata Kunci:

STEAM, Pembelajaran Holistik, Kompetensi Siswa, Pendidikan Dasar

Abstrak

Pendekatan STEAM (Sains, Teknologi, Teknik, Seni, dan Matematika) merupakan model pembelajaran interdisipliner yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi siswa secara menyeluruh. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi pembelajaran STEAM sebagai pendekatan holistik dalam pengembangan kompetensi siswa di MINU 01 Kencong. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi kegiatan belajar mengajar, wawancara dengan guru kelas, serta dokumentasi hasil karya siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi pendekatan STEAM dalam pembelajaran tematik mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis, kreativitas, dan kolaborasi siswa. Selain itu, penggabungan unsur seni dengan sains dan matematika memperkuat aspek afektif siswa, menjadikan pembelajaran lebih bermakna dan kontekstual. Kesimpulannya, pembelajaran STEAM di MINU 01 Kencong memberikan kontribusi signifikan dalam pengembangan kompetensi abad ke-21 siswa secara holistik di lingkungan sekolah dasar berbasis keislaman.

Unduhan

Diterbitkan

2025-11-28

Terbitan

Bagian

##section.default.title##