Penanaman Nilai-Nilai Multikultural dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar : Strategi dan Implementasi

Penulis

  • Siti Zulfa Rosyidah Universitas Alfalah -Assuniyyah
  • Finka Afdhilatul Jannah. IM Universitas Al Falah As Sunnniyah
  • Mifdati Afifah Universitas Al Falah As Sunnniyah
  • Hafif Komarullah Tadris Matematika, Universitas Al Falah As Sunniyah

Kata Kunci:

Multikultural, Strategi Pembelajaran, Sekolah Dasar, Toleransi

Abstrak

Penanaman nilai-nilai multikultural di sekolah dasar menjadi penting dalam membentuk sikap toleransi dan menghargai keberagaman sejak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi dan implementasi penanaman nilai-nilai multikultural dalam proses pembelajaran di sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik observasi, wawancara guru, dan analisis dokumen pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru mengintegrasikan nilai-nilai multikultural melalui pembelajaran tematik, diskusi kelompok, dan penggunaan media kontekstual yang mencerminkan keberagaman budaya. Strategi tersebut efektif dalam membangun sikap saling menghormati, kerja sama, dan empati antar siswa. Implementasi yang konsisten dan disesuaikan dengan konteks lokal turut mendukung terciptanya lingkungan belajar yang inklusif dan harmonis.

Unduhan

Diterbitkan

2025-11-28

Terbitan

Bagian

##section.default.title##