ANALISIS KESIAPAN GURU DALAM MENERAPKAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE PADA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI DI TAMAN KANAK-KANAK.

Authors

  • Erna Budiarti Universitas Panca Sakti Bekasi Indonesia

Keywords:

TPACK; kesiapan guru; pembelajaran berbasis teknologi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesiapan guru Taman kanak-kanak maupun PAUD dalam menerapkan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) pada pembelajaran berbasis teknologi. TPACK merupakan kerangka kerja yang mengintegrasikan pengetahuan teknologi, pedagogi, dan konten yang diperlukan untuk mendukung proses pembelajaran yang efektif di era digital. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan melibatkan 50 responden yang terdiris dari 40 Guru dan 10 Kepala Sekolah TK/PAUD di beberapa Kota di Indonesia. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang disusun berdasarkan aspek-aspek TPACK, yaitu pengetahuan teknologi (TK), pengetahuan pedagogi (PK), pengetahuan konten (CK), dan integrasi ketiganya (TPACK).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar guru belum memiliki tingkat kesiapan yang baik dalam aspek pengetahuan konten dan pedagogi, masih terdapat keterbatasan dalam penguasaan teknologi dan penerapannya dalam pembelajaran. Faktor usia, pengalaman mengajar, dan akses terhadap pelatihan teknologi menjadi faktor yang memengaruhi kesiapan guru dalam menerapkan TPACK. Penelitian ini menyimpulkan bahwa meskipun guru telah memiliki pemahaman yang memadai tentang pedagogi dan konten, diperlukan penguatan pada aspek teknologi, terutama melalui pelatihan dan dukungan yang berkelanjutan. Implikasi penelitian ini menunjukkan perlunya pengembangan program pelatihan yang fokus pada peningkatan keterampilan teknologi terhadap guru di lingkungan Taman kanak-kanak/PAUD untuk mendukung pembelajaran yang lebih inovatif dan sesuai dengan tuntutan zaman.

Downloads

Published

2025-02-19

How to Cite

Budiarti, E. (2025). ANALISIS KESIAPAN GURU DALAM MENERAPKAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE PADA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI DI TAMAN KANAK-KANAK. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru, 16, 161–176. Retrieved from https://conference.ut.ac.id/index.php/ting/article/view/3415

Conference Proceedings Volume

Section

Articles