KELAYAKAN MEDIA KIRANA BERBASIS AUGMENTED REALITY DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU SEKOLAH DASAR DI BIDANG SENI TARI

Authors

  • Dwi Anggraini Prodi PGSD, Universitas Bengkulu, Bengkulu
  • Bambang Sahono Prodi Pascasarjana Teknologi Pendidikan, Universitas Bengkulu, Bengkulu
  • Muhammad Kristiawan Prodi Pascasarjana Manajemen Administrasi Pendidikan, Universitas Bengkulu, Bengkulu

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji kelayakan media Kirana berbasis Augmented Reality dalam meningkatkan kompetensi professional guru sekolah dasar di bidang seni tari. Penelitian ini merupakan bagian dari penelitian pengembangan yaitu tahap uji kelayakan produk yang diujikan kepada ahli materi, media dan bahasa sebelum diujicobakan ke lapangan. Uji kelayakan dilakukan menggunakan instrumen lembar penilaian produk dengan melibatkan dua validator dengan pertimbangan relevansi keilmuan dan pengalaman yaitu dosen seni tari, dosen teknologi Pendidikan dan dosen Bahasa indonesia. Hasil validasi ahli dianalisis menggunakan rumus Aikens’s V dan dilanjutkan dengan menggunakan rumus interrater reliability. Berdasarkan uji kelayakan yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa validasi ahli materi dinyatakan sangat layak dengan rata-rata skor validitas sebesar 0,86. Validasi ahli media dinyatakan sangat layak dengan rata-rata skor validitas 0,90. Validasi ahli bahasa dinyatakan sangat layak dengan rata-rata skor validitas 0,84. Dengan demikian, media Kirana berbasis Augmented Reality siap dan layak untuk diujicobakan di lapangan.

Downloads

Published

2025-02-20

How to Cite

Dwi Anggraini, Bambang Sahono, & Muhammad Kristiawan. (2025). KELAYAKAN MEDIA KIRANA BERBASIS AUGMENTED REALITY DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU SEKOLAH DASAR DI BIDANG SENI TARI. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru, 16, 318–327. Retrieved from https://conference.ut.ac.id/index.php/ting/article/view/5023

Conference Proceedings Volume

Section

Articles