EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BOOK CREATOR BERBANTU AI UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN MEMBACA MAHASISWA SEMESTER 1
Keywords:
AI, book creator, eksperimen, kemampuan membacaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan aplikasi Book Creator yang didukung oleh teknologi kecerdasan buatan (AI) seperti Bing Image Creator AI, Canva, runwayml, dan Steve AI dalam meningkatkan ketrampilan membaca bahasa Inggris mahasiswa semester 1. Desain penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan satu kelompok (one-group pre-test and post-test design). Mahasiswa diberikan pre-test untuk mengukur kemampuan membaca awal mereka, diikuti dengan intervensi pembelajaran menggunakan Book Creator berbantu AI selama beberapa sesi. Setelah intervensi, dilakukan post-test untuk menilai peningkatan ketrampilan membaca. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji statistik untuk melihat perbedaan signifikan antara hasil pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam ketrampilan membaca mahasiswa setelah menggunakan aplikasi Book Creator yang didukung AI. Temuan ini menunjukkan bahwa integrasi teknologi AI dalam pengembangan media pembelajaran digital dapat menjadi alat yang efektif untuk meningkatkan keterampilan literasi mahasiswa, khususnya dalam ketrampilan membaca mata kuliah bahasa Inggris 1.
Downloads
Published
How to Cite
Conference Proceedings Volume
Section
License
Copyright (c) 2025 Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.