PENDIDIKAN BERKUALITAS DARI KELUARGA: MEWUJUDKAN SDGS MELALUI HUBUNGAN ORANG TUA-ANAK UNTUK MENGURANGI BULLYING
Keywords:
bullying, orang tua, hubungan keluargaAbstract
alah satu indikator SDGs adalah untuk meningkatkan pendidikan yang berkualitas. Pendidikan berkualitas dapat dimulai dari keluarga yang didalamnya terdapat hubungan orang tua-anak. Orang tua dapat memanfaatkan hubungannya dengan anak untuk menciptakan pendidikan berkualitas dengan menjalin hubungan yang harmonis dan mendidik anak tentang pentingnya menghormati satu sama lain dan mengenali bullying yang dapat terjadi dengan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlibatan hubungan orang tua-anak dengan bullying sebagai upaya mewujudkan SDGs. Metode pada penelitian ini menggunakan kuantitatif asosiatif. Penelitian ini dilakukan di enam sekolah SMP Negeri di DKI Jakarta dengan 324 siswa/i sampel penelitian. Uji hipotesis yang digunakan pada penelitian ini adalah uji korelasi Spearman rank dan uji signifikansi korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan orang tua-anak memiliki hubungan negatif dengan bullying dengan nilai koefisien korelasi sebesar -0,252 dan memiliki hubungan yang signifikan (p-value = 0,001 < 0,05). Pada penelitian menunjukkan bahwa hubungan orang tua-anak berperan penting untuk mengurangi bullying. Dengan membangun hubungan orang tua-anak yang harmonis, dapat berkontribusi menciptakan pendidikan yang berkualitas untuk meminimalisir bullying yang dapat terjadi sehingga setiap anak merasa terlindungi dan dihargai selama proses pembelajarannya.
Downloads
Published
How to Cite
Conference Proceedings Volume
Section
License
Copyright (c) 2025 Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.