PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS ANAK-ANAK DI DESA DOPLANG MELALUI PROGRAM RUMAH BELAJAR
Keywords:
anak-anak; bahasa inggris; rumah belajarAbstract
Program pengabdian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris anak-anak di Desa Doplang melalui pembelajaran yang interaktif dan penggunaan media belajar yang menarik. Analisis situasi menunjukkan bahwa akses terhadap pembelajaran bahasa Inggris yang berkualitas di Desa Doplang masih sangat terbatas, yang disebabkan oleh kurangnya tenaga pengajar yang kompeten dan fasilitas pendukung yang memadai. Program "Rumah Belajar" ini memfokuskan pada pengajaran bahasa Inggris secara teratur dengan metode yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan belajar anak-anak, seperti permainan bahasa, latihan berbicara, serta penggunaan gambar dan video sebagai media pembelajaran. Selain itu, diberikan juga dukungan dan keterlibatan orang tua dalam proses pembelajaran untuk memperkuat hasil yang dicapai anak-anak di kelas. Hasil dari program ini menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam kemampuan bahasa Inggris anak-anak, yang terlihat dari peningkatan pemahaman kosakata, kemampuan berbicara, dan kepercayaan diri mereka setelah mengikuti program ini. Umpan balik yang diberikan juga berhasil meningkatkan kesadaran orang tua tentang pentingnya mendukung anak-anak dalam belajar bahasa asing, yang diharapkan dapat terus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Pembahasan lebih lanjut menyoroti efektivitas pendekatan yang digunakan dan menyarankan bahwa model ini dapat diterapkan di daerah lain yang menghadapi tantangan serupa dalam meningkatkan kemampuan bahasa asing anak-anak.
Downloads
Published
How to Cite
Conference Proceedings Volume
Section
License
Copyright (c) 2025 Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.