STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI DALAM OPTIMALISASI INTERAKTIVITAS, EFEKTIVITAS, DAN PERKEMBANGAN MULTIPLE INTELLIGENCE SISWA

Authors

  • Silvi Wulan Munggaran Universitas Garut, Garut, Jawa Barat
  • Ani Siti Anisah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Garut, Jawa Barat

Keywords:

strategi pembelajaran, pembelajaran berbasis teknologi, interaktivitas, kecerdasan multilevel

Abstract

Penelitian ini mengkaji penerapan teknologi dalam pembelajaran untuk meningkatkan kecerdasan multilevel siswa melalui strategi pembelajaran berbasis teknologi. Meskipun teknologi meningkatkan aspek kognitif, pengoptimalan interaktivitas dan perkembangan kecerdasan siswa masih terbatas. Tujuan penelitian ini untuk mengekplorasi bagaimana teknologi dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran di sekolah. Metode yang digunakan adalah kajian kepustakaan dengan analisis deskriptif kualitatif, Peneliti mendapatkan 30 artikel dan diakumulasikan menjadi 20 kajian sebagai bahan analisis dari rentang 5 tahun terakhir baik jurnal nasional dan internasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran berbasis teknologi, seperti pembelajaran berbasis game, multimedia, proyek, dapat meningkatkan interaktivitas serta mendukung perkembangan kecerdasan siswa baik ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Teknologi yang tepat dapat meningkatkan kualitas dan efektivitas pembelajaran di sekolah.

Downloads

Published

2025-02-20

How to Cite

Silvi Wulan Munggaran, & Ani Siti Anisah. (2025). STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI DALAM OPTIMALISASI INTERAKTIVITAS, EFEKTIVITAS, DAN PERKEMBANGAN MULTIPLE INTELLIGENCE SISWA. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru, 16, 360–370. Retrieved from https://conference.ut.ac.id/index.php/ting/article/view/5036

Conference Proceedings Volume

Section

Articles