A RASCH ANALYSIS OF STUDENTS’ MATHEMATICAL CRITICAL DISPOSITION IN SMART EKSELENSIA INDONESIA DOMPET DHUAFA

Authors

  • Asep Sapa’at Dompet Dhuafa

Keywords:

Disposisi Kritis Matematis, Rasch Model, reliabilitas item, reliabilitas person

Abstract

Siswa perlu memiliki disposisi kritis matematis karena dapat membantu meningkatkan kemampuan berpikir kritisnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis instrumen yang mengukur disposisi kritis matematis. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Penelitian bertujuan untuk mengukur disposisi kritis matematis siswa. Kuesioner diberikan kepada 36 siswa SMP SMART Ekselensia Indonesia dan data dianalisis menggunakan model pengukuran Rasch. Analisis data menggunakan analisis Winstep versi 3.73. Berdasarkan analisis Rasch model, Cronbach’s Alpha 0,89 berarti reliabilitas antara person dan item sangat baik. Reliabilitas person 0,85 yang berarti konsistensi jawaban responden baik, sedangkan reliabilitas item 0,88 yang berarti kualitas item-item pada instrumen baik. Instrumen disposisi kritis matematis dapat digunakan dan dikembangkan untuk meningkatkan sikap kritis siswa yang berpotensi mengembangkan kemampuan berpikir kritis.

Downloads

Published

2025-02-20

How to Cite

Asep Sapa’at. (2025). A RASCH ANALYSIS OF STUDENTS’ MATHEMATICAL CRITICAL DISPOSITION IN SMART EKSELENSIA INDONESIA DOMPET DHUAFA. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru, 16, 371–379. Retrieved from https://conference.ut.ac.id/index.php/ting/article/view/5039

Conference Proceedings Volume

Section

Articles