IT IS OKAY TO TAKE A STEP BACK AND FOCUS ON YOUR WELL-BEING! ACADEMIC BURNOUT AMONG UNDERGRADUATE NURSING STUDENT

Authors

  • Raina Astrid Andini Poltekkes Kemenkes Jakarta 1, Jakarta Selatan, DKI Jakarta
  • Sahwa Alifia Ardi Poltekkes Kemenkes Jakarta 1, Jakarta Selatan, DKI Jakarta
  • Audi Yundayani STKIP Kusuma Negara, Jakarta

Keywords:

kelelahan akademis, mahasiswa sarjana keperawatan

Abstract

Kelelahan akademis adalah bahaya parah yang dapat berdampak signifikan terhadap kehidupan mahasiswa keperawatan. Hal ini telah menjadi perhatian penting karena tuntutan emosional dan kurikulum yang ketat yang mereka hadapi. Mahasiswa keperawatan harus memiliki kemampuan untuk mengelola dan memproses kelelahan untuk menjadi penyedia layanan kesehatan di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kelelahan akademis di kalangan mahasiswa keperawatan. Penelitian ini dilakukan dengan partisipasi sukarela dari 107 mahasiswa keperawatan. Kuesioner diambil dari Maslach Burnout Inventory (MBI). Analisis data deskriptif dilaksanakan dengan penekanan pada tujuan penelitian. Temuan penelitian menunjukkan bahwa 66,8% responden mengalami tingkat kelelahan emosional yang tinggi. Selain itu, pencapaian pribadi dialami oleh 70,5% responden, sementara 51,5% mengalami depersonalisasi. Penelitian ini juga menemukan bahwa responden sering menggunakan strategi coping yang adaptif, termasuk relaksasi dan manajemen waktu. Namun, sebagian kecil dari mereka tidak memiliki mekanisme koping yang efektif. Hasil penelitian ini menggarisbawahi pentingnya strategi khusus dalam penanganan kelelahan. Selain itu, adalah bijaksana untuk membekali mahasiswa keperawatan dengan kapasitas untuk mengelola urusan mereka dengan mencapai keseimbangan yang tepat.

Downloads

Published

2025-02-20

How to Cite

Raina Astrid Andini, Sahwa Alifia Ardi, & Audi Yundayani. (2025). IT IS OKAY TO TAKE A STEP BACK AND FOCUS ON YOUR WELL-BEING! ACADEMIC BURNOUT AMONG UNDERGRADUATE NURSING STUDENT. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru, 16, 390–402. Retrieved from https://conference.ut.ac.id/index.php/ting/article/view/5057

Conference Proceedings Volume

Section

Articles