IT IS OKAY TO TAKE A STEP BACK AND FOCUS ON YOUR WELL-BEING! ACADEMIC BURNOUT AMONG UNDERGRADUATE NURSING STUDENT
Keywords:
kelelahan akademis, mahasiswa sarjana keperawatanAbstract
Kelelahan akademis adalah bahaya parah yang dapat berdampak signifikan terhadap kehidupan mahasiswa keperawatan. Hal ini telah menjadi perhatian penting karena tuntutan emosional dan kurikulum yang ketat yang mereka hadapi. Mahasiswa keperawatan harus memiliki kemampuan untuk mengelola dan memproses kelelahan untuk menjadi penyedia layanan kesehatan di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kelelahan akademis di kalangan mahasiswa keperawatan. Penelitian ini dilakukan dengan partisipasi sukarela dari 107 mahasiswa keperawatan. Kuesioner diambil dari Maslach Burnout Inventory (MBI). Analisis data deskriptif dilaksanakan dengan penekanan pada tujuan penelitian. Temuan penelitian menunjukkan bahwa 66,8% responden mengalami tingkat kelelahan emosional yang tinggi. Selain itu, pencapaian pribadi dialami oleh 70,5% responden, sementara 51,5% mengalami depersonalisasi. Penelitian ini juga menemukan bahwa responden sering menggunakan strategi coping yang adaptif, termasuk relaksasi dan manajemen waktu. Namun, sebagian kecil dari mereka tidak memiliki mekanisme koping yang efektif. Hasil penelitian ini menggarisbawahi pentingnya strategi khusus dalam penanganan kelelahan. Selain itu, adalah bijaksana untuk membekali mahasiswa keperawatan dengan kapasitas untuk mengelola urusan mereka dengan mencapai keseimbangan yang tepat.
Downloads
Published
How to Cite
Conference Proceedings Volume
Section
License
Copyright (c) 2025 Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.